​Tersesat di Hutan, Penyelamatan ODGJ di Blitar Berlangsung Dramatis

​Tersesat di Hutan, Penyelamatan ODGJ di Blitar Berlangsung Dramatis Para petugas saat mengevakuasi ODGJ dari tengah hutan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Seorang wanita penderita gangguan jiwa ditemukan petugas menggigil kedinginan di hutan yang masuk wilayah Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, . Keberadaan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di hutan ini, pertama kali diketahui oleh warga setempat yang hendak mencari rumput.

Mendengar ada suara rintihan kedingingan, warga pun mendekat ke lokasi penderita gangguan jiwa itu berada. Warga yang bingung harus berbuat apa kemudian melaporkan kejadian ini ke polisi.

"Awalnya ada warga setempat yang sedang mencari rumput mengetahui keberadaan wanita yang diketahui menderita gangguan jiwa ini. Temuan ini kemudian dilaporkan ke polisi," ungkap Kasubag Humas Polres Iptu Muhamad Burhanudin, Kamis (6/12/2018).

Tak lama setelah menerima laporan, petugas gabungan dari TNI dan Polri datang untuk mengevakuasi korban dibantu warga dan aparat desa setempat.

Petugas sempat kesulitan mengevakuasi korban karena medan yang sulit. Korban berada persis di dalam semak-semak sementara di sekelilingnya terdapat bebatuan besar yang licin akibat guyuran hujan.

"Karena medan cukup sulit, petugas mengalami kesulitan saat akan mengevakuasi korban. Beruntung korban tidak berontak dan pasrah ketika diselamatkan petugas dengan cara membopong mennggunakan bambu," jelasnya.

Setelah dievakuasi petugas, kemudian memberi makan penderita gangguan jiwa yang tak diketahui asalnya ini. Sejumlah petugas kesehatan juga didatangkan untuk memeriksa kondisi korban.

Petugas kini sedang berkoordinasi dengan Dinas Sosial, untuk penanganan lebih lanjut terhadap wanita penderita gangguan jiwa ini. Pasalnya, penderita gangguan jiwa ini tidak bisa diajak berkomunikasi.

"Setelah dari Puskesmas, nantinya akan dikoordinasikan dengan Dinas Sosial Kabupaten ," pungkasnya. (ina/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO