Minggu, 21 April 2019 02:07

​Tersangka Kasus UU ITE Guntual Laremba Kembali Dijerat Masalah Hukum

Kamis, 06 Desember 2018 17:23 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
​Tersangka Kasus UU ITE Guntual Laremba Kembali Dijerat Masalah Hukum
Guntual Laremba (dua dari kiri), memakai jas biru dan berkacamata.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Setelah ditetapkan tersangka atas kasus pencemaran nama baik dengan tuduhan pelanggaran UU ITE, Pengadilan Negeri Sidoarjo kembali tetapkan Guntual Laremba atas dugaan kasus penyalahgunaan gelar SH.

Tim Penyidik Satreskrim Polresta Sidoarjo menetapkan tersangka Guntual Laremba setelah melakukan serangkaian penyidikan, pengumpulan alat bukti, dan memeriksa para saksi, serta beberapa saksi ahli yang berkompeten atas kasus tersebut.

"Sudah kami tetapkan tersangka terhadap yang bersangkutan (Guntual) atas kasus dugaan penggunaan gelar palsu," cetus Kasatreskrim Polresta Sidoarjo, Kompol M Harris, Kamis (6/12).

Lebih jauh Harris menjelaskan, jika pihak Guntual Laremba, rencananya akan mencabut keterangan saksi dalam kasus ini. "Dia mau mencabut keterangan saksi. Tapi kita (penyidik Satreskrim) masih koordinasi dulu dengan pihak Kejaksaan dan Saksi Ahli," terang mantan Kapolsek Simokerto, Surabaya ini.

Ditanya apakah tersangka Guntual Laremba akan ditahan, Harris mengungkapkan jika pihaknya masih mempertimbangkan apakah tersangka akan ditahan atau tidak. "Sudah ada penetapan tersangka Guntual atas kasus penggunaan gelar palsu, prosesnya apakah yang bersangkutan perlu ditahan apa gaknya, masih kita pertimbangkan," terangnya.

Sementara itu, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Gatot Haryono menegaskan jika surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) dengan nama terlapor Guntual Laremba atas kasus dugaan penggunaan gelar SH sudah diterima pada 30 juli 2018. 

Sedangkan untuk penetapan tersangkanya pada tanggal 27 November 2018 kemarin dari pihak penyidik Satreskrim Polresta Sidoarjo.

"Pada tanggal 27 November 2018 kemarin penetapan tersangka atas nama Guntual Laremba dalam kasus dugaan penggunaan gelar SH sudah kami terima dari penyidik Polresta Sidoarjo. Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) juga sudah kami tunjuk," pungkas pria asal Pamekasan, Madura ini. (cat/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...