​ Kubu-SDA-Emron Datangi Kemenkum HAM, 10 DPW PPP Islah

​  Kubu-SDA-Emron Datangi Kemenkum HAM, 10 DPW PPP Islah Massa PPP saat kampanye. Foto: ?bantenpost.com


JAKARTA(BangsaOnline) Dua kubu yang berseteru di internal saat ini sedang mencari legitimasi kepengurusannya di Kemenkum HAM. Kedua kubu rupanya sudah mendatangi Menkum HAM untuk memberi penjelasan soal perubahan kepengurusan masing-masing kubu.

"Sebetulnya bukan cuma Romi yang datang, Djan Faridz juga datang. Mereka semata-mata ingin menjelaskan mengenai berkaitan dengan permohonannya untuk pengesahan," kata Menkum HAM Amir Syamsuddin kepada wartawan di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (22/9/2014).

Amir mengatakan kedua kubu sudah memasukkan data kepengurusan yang baru ke Kemenkum HAM. Berkas itu kini sedang diteliti.

"Itu sedang kami pelajari ya," ujar Amir.

kubu Romi dan Suryadharma memang 'berlomba' mencari legitimasi ke Kemenkum HAM. Kubu Romi memecat Suryadharma Ali sebagai Ketum dan menggantinya dengan Emron Pangkapi. Sebaliknya, Suryadharma Ali memecat Romi dan 14 pengurus lainnya dan menggantinya dengan pengurus baru.

Sementara dorongan islah di internal terus bergulir. Dari sejumlah pengurus DPP hingga Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) mendorong terjadinya islah di internal partai.

Ketua DPP M Arwani Thomafi mengatakan setelah pihaknya berkirim surat resmi ke Mahkamah Partai terkait konflik internal partai, dirinya berharap agar mahkamah segera menyelesaikan masalah di internal partai.

"Kami memohon agar Mahkamah Partai segera menyelesaikan masalah di internal partai," ujar Arwani dalam siaran pers, Senin (22/9).

Arwani melanjutkan langkah Mahkamah Partai yang akan menjadi juru damai dalam konflik internal agar dihargai oleh semua pihak.

"Sebelum Mahkamah Partai memutuskan atas masalah ini, agar kedua belah pihak menahan diri," harap Arwani.

Sementara terpisah, Sekretaris DPW Jawa Tengah Suryanto mengatakan hasil Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) Jawa Tengah akhir pekan lalu mendorong terjadinya islah atas konflik yang terjadi di internal partai.

"Islah ditempuh dengan dua cara yakni meminta Majelis Syariah menjadi mediator terhadap dua pihak yang berseteru," ujar Suryanto.

Cara berikutnya, pihaknya juga meminta Mahkamah Partai untuk menyelesaikan masalah internal agar dicapai jalan damai.

"Kami juga mengajukan permohonan ke Mahkamah Partai untuk menyelesaikan masalah ini," tambah Suryanto.

Selain itu, DPW Jawa Tengah juga menginisiasi penggalangan dukungan DPW lainnya untuk mendorong terjadinya islah di internal . Hingga saat ini, menurut Suryanto, sedikitnya 10 DPW yang telah berkomunikasi terkait dorongan islah di internal partai.

"Ada 10 DPW yang kami kontak, mereka siap. Kita mencoba sama-sama untuk menjadi pelopor Islah," tambah Suryanto. Bagi Suryanto, islah menjadi kunci untuk menggelar muktamar . Ia menegaskan tidak ada muktamar sebelum terjadinya islah.

Polda Metro Jaya memastikan akan memproses laporan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Persatuan Pembangunan () Romahurmuzy, dengan pihak terlapor mantan Ketua Umum , Suryadharma Ali.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, menyatakan pihaknya akan memanggil Romi untuk dimintai keterangan.

"Kemungkinan minggu ini," ungkap dia kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya (Senin, 22/9).

Sebelumnya, Romy melaporkan mantan Ketua Umum Suryadharma Ali ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya. SDA dilaporkan dengan tuduhan pasal 406 dan pasal 170 KUHP tentang pendudukan serta perusakan barang di muka umum terkait kantor DPP .

Laporan tersebut tertuang di nomor LP/3348/IX/2014/PMJ/Ditreskrimum tertanggal 17 September 2014.[

Sumber: merdeka.com/rmol.com/detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO