​Pakde Karwo: Pancasila Tidak Boleh Ekslusif Tetapi Harus Inklusi

​Pakde Karwo: Pancasila Tidak Boleh Ekslusif Tetapi Harus Inklusi Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo ditemani Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Dr. Hariyono, M.Pd (dua dari kanan) saat gelar presscon. Foto: YUDI A/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di era saat ini, dan globalisasi dapat saling merangkul dan memberi manfaat. tidak boleh ekslusif tetapi harus inklusi, yakni merangkul semua. Bila ada kelompok yang tidak setuju harus dibawa satu meja untuk berdiskusi.

"Termasuk soal ekonomi kerakyatan, dimana negara tidak boleh membiarkan yang kecil kalah dan mati dalam pertarungan," ucap Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo saat menjadi Keynote Speaker sekaligus membuka Seminar Internasional di Hotel Shangri-La Surabaya, Senin (3/12).

Pakde Karwo, sapaan Gubernur Jatim menjelaskan, salah satu model ekonomi kerakyatan yang diterapkan di Jatim yakni melalui konsep Jatimnomics. Model ini mengedepankan tiga aspek utama. Pertama, produksinya fokus meningkatkan SDM untuk menjamin keberlanjutan penghidupan yang layak. Kedua, strategi pembiayaan, serta ketiga adalah aspek pemasaran dimana pasar didesain untuk memperkuat pasar domestik sehingga tercipta kemandirian ekonomi.

“Jatimnomics ini didukung pondasi harmonisasi kultur dan religi, sinergitas tiga pilar dan regulasi. Konsep ini dilakukan agar ekonomi Jatim tumbuh inklusif dan berkeadilan.,” jelasnya.

Untuk mendukung hal tersebut, perlu adanya ruang publik yang deliberatif, agar tidak ada kegaduhan dan keributan di bidang politik yang mampu mengganggu investasi. Semua masalah diselesaikan dengan musyawarah mufakat. Selain itu, perlu adanya pendekatan partisipatoris, dengan melibatkan masyarakat dalam pengambilan suatu keputusan.

“Jadi perintah budaya kita adalah musyawarah mufakat, bukan struktural. Sehingga bila ada struktural kecuali TNI dan Polri sebaiknya kembali ke jalan yang benar karena itu menjadikan eksklusif. Semua harus dirangkul, itulah kekuatan musyawarah mufakat,” katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO