Hadiri Gebyar PAUD, Bupati Madiun: Ini sebagai Pendidikan Penguatan Karakter

Hadiri Gebyar PAUD, Bupati Madiun: Ini sebagai Pendidikan Penguatan Karakter Atraksi drama kolosal yang dimainkan siswa TK dihadapan Bupati Madiun.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - GOR Pangeran Timoer, Mejayan, Kabupaten Madiun pagi ini dipenuhi siswa Taman Kanak-Kanak (TK) yang diantar orang tuanya dalam acara Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di GOR Pangeran Timoer, Mejayan, Kabupaten Madiun, Kamis, 29 November 2018.

Bupati Madiun H Ahmad Dawami Ragil Saputro yang hadir dalam acara tersebut menegaskan bahwa pendidikan PAUD sebagai pendidikan penguatan karakter seperti yang tertuang di Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013. 

“Pada usia dini otak berkembang dengan sangat cepat dalam menerima dan menyerap segala sesuatu yang dilihat, didengar dan dirasa oleh anak-anak kita. Tidak hanya yang baik-baik saja akan juga hal-hal yang yang kurang baik dan semua itu diserap dan direkam tanpa terkecuali oleh anak-anak kita,” kata Ahmad.

Pendidikan anak usia dini, sambungnya, bukan semata tanggung jawab pemerintah dan lembaga PAUD. Tapi juga menjadi tanggung jawab masyarakat dan orang tua. “Karena itu, juga harus bersama-sama berperan aktif menyukseskan pendidikan anak usia dini sesuai peran masing-masing,” tandasnya.

Program layanan PAUD di Kabupaten Madiun, lanjutnya, telah mencapai perkembangan yang cukup tinggi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya capaian APK PAUD formal dan non formal yaitu 98 persen.

“Namun kita tidak boleh berpuas diri. Layanan PAUD masih harus dikejar. Kuantitas lembaga PAUD yang kita miliki harus diimbangi dengan kualitas program dan layanan yang baik,” tandasnya.

Bupati berharap, gebyar PAUD tidak hanya menjadi sarana anak usia dini unjuk kebolehan serta meningkatkan kreatifitas saja. Tapi kegiatan Gebyar PAUD harus juga menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat akan pentingnya program pendidikan usia dini.

“Mari saling bergandengan tangan dalam menyiapkan generasi emas Kabupaten Madiun untuk masa depan yang lebih sejahtera,” pungkasnya.

Gebyar PAUD diwarnai atraksi drama kolosal dari anak-anak PAUD dan penyerahan hadiah berupa sepeda kepada masing-masing perwakilan Guru PAUD Kecamatan se-Kabupaten Madiun oleh. Juga pelantikan HIMPAUD Kabupaten Madiun, yaitu Ny Penta Lianawati Ahmad Dawami (istri Bupati) dan Ny Erni Hari Wuryanto (istri Wakil Bupati). (hen/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO