Senin, 27 Mei 2019 03:06

Hadiri Gebyar PAUD, Bupati Madiun: Ini sebagai Pendidikan Penguatan Karakter

Kamis, 29 November 2018 16:41 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Utomo
Hadiri Gebyar PAUD, Bupati Madiun: Ini sebagai Pendidikan Penguatan Karakter
Atraksi drama kolosal yang dimainkan siswa TK dihadapan Bupati Madiun.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - GOR Pangeran Timoer, Mejayan, Kabupaten Madiun pagi ini dipenuhi siswa Taman Kanak-Kanak (TK) yang diantar orang tuanya dalam acara Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di GOR Pangeran Timoer, Mejayan, Kabupaten Madiun, Kamis, 29 November 2018.

Bupati Madiun H Ahmad Dawami Ragil Saputro yang hadir dalam acara tersebut menegaskan bahwa pendidikan PAUD sebagai pendidikan penguatan karakter seperti yang tertuang di Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013. 

“Pada usia dini otak berkembang dengan sangat cepat dalam menerima dan menyerap segala sesuatu yang dilihat, didengar dan dirasa oleh anak-anak kita. Tidak hanya yang baik-baik saja akan juga hal-hal yang yang kurang baik dan semua itu diserap dan direkam tanpa terkecuali oleh anak-anak kita,” kata Ahmad.

Pendidikan anak usia dini, sambungnya, bukan semata tanggung jawab pemerintah dan lembaga PAUD. Tapi juga menjadi tanggung jawab masyarakat dan orang tua. “Karena itu, juga harus bersama-sama berperan aktif menyukseskan pendidikan anak usia dini sesuai peran masing-masing,” tandasnya.

Program layanan PAUD di Kabupaten Madiun, lanjutnya, telah mencapai perkembangan yang cukup tinggi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya capaian APK PAUD formal dan non formal yaitu 98 persen.

“Namun kita tidak boleh berpuas diri. Layanan PAUD masih harus dikejar. Kuantitas lembaga PAUD yang kita miliki harus diimbangi dengan kualitas program dan layanan yang baik,” tandasnya.

Bupati berharap, gebyar PAUD tidak hanya menjadi sarana anak usia dini unjuk kebolehan serta meningkatkan kreatifitas saja. Tapi kegiatan Gebyar PAUD harus juga menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat akan pentingnya program pendidikan usia dini.

“Mari saling bergandengan tangan dalam menyiapkan generasi emas Kabupaten Madiun untuk masa depan yang lebih sejahtera,” pungkasnya.

Gebyar PAUD diwarnai atraksi drama kolosal dari anak-anak PAUD dan penyerahan hadiah berupa sepeda kepada masing-masing perwakilan Guru PAUD Kecamatan se-Kabupaten Madiun oleh Bupati Madiun. Juga pelantikan HIMPAUD Kabupaten Madiun, yaitu Ny Penta Lianawati Ahmad Dawami (istri Bupati) dan Ny Erni Hari Wuryanto (istri Wakil Bupati). (hen/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...