Selasa, 26 Maret 2019 08:09

Hadiri Gebyar PAUD, Bupati Madiun: Ini sebagai Pendidikan Penguatan Karakter

Kamis, 29 November 2018 16:41 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Utomo
Hadiri Gebyar PAUD, Bupati Madiun: Ini sebagai Pendidikan Penguatan Karakter
Atraksi drama kolosal yang dimainkan siswa TK dihadapan Bupati Madiun.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - GOR Pangeran Timoer, Mejayan, Kabupaten Madiun pagi ini dipenuhi siswa Taman Kanak-Kanak (TK) yang diantar orang tuanya dalam acara Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di GOR Pangeran Timoer, Mejayan, Kabupaten Madiun, Kamis, 29 November 2018.

Bupati Madiun H Ahmad Dawami Ragil Saputro yang hadir dalam acara tersebut menegaskan bahwa pendidikan PAUD sebagai pendidikan penguatan karakter seperti yang tertuang di Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013. 

“Pada usia dini otak berkembang dengan sangat cepat dalam menerima dan menyerap segala sesuatu yang dilihat, didengar dan dirasa oleh anak-anak kita. Tidak hanya yang baik-baik saja akan juga hal-hal yang yang kurang baik dan semua itu diserap dan direkam tanpa terkecuali oleh anak-anak kita,” kata Ahmad.

Pendidikan anak usia dini, sambungnya, bukan semata tanggung jawab pemerintah dan lembaga PAUD. Tapi juga menjadi tanggung jawab masyarakat dan orang tua. “Karena itu, juga harus bersama-sama berperan aktif menyukseskan pendidikan anak usia dini sesuai peran masing-masing,” tandasnya.

Program layanan PAUD di Kabupaten Madiun, lanjutnya, telah mencapai perkembangan yang cukup tinggi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya capaian APK PAUD formal dan non formal yaitu 98 persen.

“Namun kita tidak boleh berpuas diri. Layanan PAUD masih harus dikejar. Kuantitas lembaga PAUD yang kita miliki harus diimbangi dengan kualitas program dan layanan yang baik,” tandasnya.

Bupati berharap, gebyar PAUD tidak hanya menjadi sarana anak usia dini unjuk kebolehan serta meningkatkan kreatifitas saja. Tapi kegiatan Gebyar PAUD harus juga menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat akan pentingnya program pendidikan usia dini.

“Mari saling bergandengan tangan dalam menyiapkan generasi emas Kabupaten Madiun untuk masa depan yang lebih sejahtera,” pungkasnya.

Gebyar PAUD diwarnai atraksi drama kolosal dari anak-anak PAUD dan penyerahan hadiah berupa sepeda kepada masing-masing perwakilan Guru PAUD Kecamatan se-Kabupaten Madiun oleh Bupati Madiun. Juga pelantikan HIMPAUD Kabupaten Madiun, yaitu Ny Penta Lianawati Ahmad Dawami (istri Bupati) dan Ny Erni Hari Wuryanto (istri Wakil Bupati). (hen/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...