​Hari Diabetes, RSI Siti Hajar Sidoarjo Gelar Penyuluhan

​Hari Diabetes, RSI Siti Hajar Sidoarjo Gelar Penyuluhan

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - RSI Siti Hajar Sidoarjo, mendapatkan penyuluhan tentang diabetes, yang disampaikan secara langsung oleh dokter umum rumah sakit setempat, dr. Singgih Adi Saputra di ruang hemodialisis lantai 2 diikuti puluhan keluarga pasien Rumah Sakit.

Pada kesempatan kali ini, dr. Singgih menyampaikan tentang pengertian diabetes, fakta dan mitos, kadar gula yang baik, pencegahan dan terapinya. Pihaknya lebih menekankan bahwa diabetes itu terapinya tidak hanya dengan obat saja.

“Jadi rata-rata orang datang hanya untuk minum obat. Padahal yang penting adalah 3T, yaitu waktunya harus tepat, tidak boleh maju atau mundur, tepat jumlah dan jenisnya,” cetusnya, Jumat (23/11).

Menurutnya, jenis yang tepat artinya karbohidrat harus dikurangi. Sedangkan protein dan serat harus ditambah lebih banyak. Selain makanan, juga bisa melakukan olahraga seperti lari hingga mengeluarkan keringat.

“Olahraga dapat dilakukan setiap hari dengan durasi waktu sekitar 30 menit sampai berkeringat. Jika dilakukan dalam satu minggu, ada tiga hari dan durasinya 2 jam sampai berkeringat. Itu dapat mencegah diabet bagi yang sehat. Sementara bagi yang diabet, dia akan menjaga kadar gulanya agar tetap teratur di bawah 200,” jlentrehnya.

Singgih menjelaskan, di RSI Siti Hajar hampir 80 persen penyakit dalam terdapat penyakit diabet. Mereka yang datang dengan komplikasinya, seperti hipertensi dan luka pada kakinya. Meski begitu, pihaknya berharap, dengan adanya penyuluhan diabetes yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya untuk memperingati hari diabet yang jatuh pada tanggal 14 November, dapat mengedukasi masyarakat tentang diabetes.

“Saya berharap yang ikut penyuluhuan ini lebih sadar tentang diabet itu apa. Sehingga mereka bisa menyampaikan kepada keluarga ataupun orang lain tentang diabet, bagaimana pencegahannya dan bagaimana pengobatannya,” pungkasnya. (cat/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO