Kabupaten Pamekasan Tidak Dapat Jatah Kartu Nikah, Ada Apa?

Kabupaten Pamekasan Tidak Dapat Jatah Kartu Nikah, Ada Apa? Contoh kartu nikah.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten tidak mendapatkan jatah bersama melalui web Sistem Informasi Manajemen Nikah (SimKah) yang telah diluncurkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI pada tanggal 8 November 2018 lalu.

Peluncuran yang dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan pencatatan pernikahan tersebut, sementara hanya melibatkan tujuh daerah yang ada di Jawa Timur sebagai sampel oleh pemerintah pusat.

"Untuk Kabupaten memang belum mendapat jatah karena bukan termasuk daerah sampel," ungkap Zayyadus Zabidi, kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Agama .

Menurutnya, yang secara otomatis tergabung dengan data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tersebut mengacu pada UU Perkawinan yang menentukan batas usia untuk kawin bagi pria 19 tahun dan bagi wanita 16 tahun.

"Sehingga hadirnya ini mencegah perkawinan usia dini. Karena sistem ini tidak bisa dipaksakan," tambahnya.

Zayyadus menambahkan, tesebut juga bisa untuk antisipasi mengurangi angka penceraian yang diakibatkan adanya orang ketiga, atau perselingkuhan. "Siapapun yang sudah mengantongi tidak bisa berbohong dengan mengaku bujang ketika di luar rumah, karena secara otomatis datanya sudah terhubung ke capil," pungkasnya.

Sebagai tahap awal, Kartu Nikah ini pada tahun 2018 akan dibuat untuk pasangan menikah di 67 kota besar yang ada di Indonesia. (err/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO