Senin, 27 Mei 2019 11:08

​Pemkot Kediri Kerja Sama Pemenuhan Kebutuhan Telur Ayam dengan Blitar

Jumat, 16 November 2018 18:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
​Pemkot Kediri Kerja Sama Pemenuhan Kebutuhan Telur Ayam dengan Blitar

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan kerja sama dengan TPID Kabupaten Blitar. Kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara UD Arya Bintang Jaya Kota Kediri dengan Koperasi Putera Blitar terkait pemenuhan komoditas telur ayam.

"Kerjasama ini untuk menjaga pasokan telor ayam, supaya menjelang akhir tahun aman dari kekurangan pasokan. Barangnya ada dan harganya stabil terjangkau. Sehingga tidak lagi ada telur, tetapi harganya mahal," kata Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar usai penandatanganan kerjasama di Ruang Kilisuci Balai Kota Kediri, Jumat (1/11/2018).

Ditambahkan oleh Mas Abu, panggilan akrab Wali kota Kediri ini, kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk pasokan. Koperasi Putera Blitar menjamin ada telurnya dengan harga standar kandang. Selain memutus rantai distribusi, kerjasama ini juga mengantisipasi penaikan harga telor ayam yang kerap terjadi di akhir tahun, momentum Hari Natal, dan harga besar keagamaan lainnya.

"Untuk pemilihan Kabupaten Blitar, karena seluruh dunia tahu bahwa Blitar peternakannya handal-handal. Produksi telur banyak. Mereka juga sudah kerjasama dengan beberapa daerah, salah satunya DKI Jakarta," tegas Abu.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kediri, Joko Raharto mengungkapkan, keuntungan dari kerjasama ini adalah untuk memastikan pasokan telur ayam di Kota Kediri. 

"Kita melindungi dua sisi, produsen untung dan untuk konsumen daya belinya terjangkau," kata Joko.

Bagi Pemerintah Kabupaten Blitar kerjasama ini saling menguntungkan. Hal ini disampaikan oleh Ketua Koperasi Putera Blitar, Sukarman. Menurutnya, melalui kerjasama tersebut, para peternak di Blitar dapat memasarkan produk telur ayamnya ke Kota Kediri yang masih bertetangga.

"Sekarang kami bekerjasama dengan Kota Kediri, dimana Kota Kediri ingin meminta pasokan telur dari Blitar, agar pasokan terjamin dan hargaya tidak terlalu tinggi, karena bisa memotong mata rantai pasokan. Tujuan dari kerjasama ini agar pasokan tetap ada, dan harganya relatif stabil," kata Sukarman.

Koperasi Putera Blitar menaungi ribuan peternak ayam petelur di Kabupaten Blitar. Tercatat jumlahnya kurang lebih 4.421 peternak dengan jumlah ayam hingga 3 juta ekor. Produktivitas telor ayam di Blitar kini mencapai 500 ton per hari. Blitar juga sebagai pemasok kebutuhan telur Nasional sebesar 30 persen.

"Sebelumnya, kami juga sudah melakukan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Banjarmasin dan menjajaki dengan Kabupaten Majene, Sulawesi Selatan. Dengan Banjarmasin kita butuh tepung sawit, dan disana butuh telor. Kalau Kabupaten Majene, mereka butuh telor, kita butuh jagung sebagai pakan," jelas Sukarman.

Koperasi Putera Blitar baru berdiri satu tahun terakhir. Koperasi ini menghimpun telur dari masing-masing peternak untuk disalurkan ke berbagai daerah. Kerjasama pemenuhan komoditas telor ayam yang sudah berlangsung dalam skala besar untuk Tasikmalaya dan terakhir dengan DKI Jakarta. Kini kerjasama serupa dilakukan dengan Pemerintah Kota Kediri.

Untuk diketahui, dalam momentum kerjasama dua daerah tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu, Kepala BI Perwakilan Kediri Joko Raharto, Kabag Ekonomi Pemerintah Kabupaten Blitar Tutik Komaryati, Ketua Kadin Kota Kediri Solikin, serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkot Kediri. (rif/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...