​Kisah Fantatis El Chapo Kabur Lewat Terowongan, dari Penjara dengan Pengawasan Maksimal di Meksiko

​Kisah Fantatis El Chapo Kabur Lewat Terowongan, dari Penjara dengan Pengawasan Maksimal di Meksiko Sungguh cerdas. motor jadi pendorong troli dengan roda pakai rel. foto: mirror.co.uk

LONDON, BANGSAONLINE.com – Kisah lolosnya Raja Narkoba Joaquin ‘El Chapo’ Guzman, dari Penjara Altiplano Meksiko, amat menakjubkan. Editor Mirror AS Christopher Bucktin menjadi jurnalis pertama yang diizinkan masuk terowongan rahasia ‘El Chapo’ ini.

Mirror diberi tampilan eksklusif pertama di dalam terowongan rahasia Joaquin ‘El Chapo’ Guzman, di mana ia kabur dengan troli yang sudah disiapkan rel, dengan pendorong mesin sepeda motor.

“Menjebol penjara ini adalah yang paling berani dalam sejarah,” kata Bucktin. “Penjara yang mengurung El Chapo adalah penjara yang paling ketat, dengan pengamanan maksimal. Rasanya, sangat sulit bagi siapa pun penjahatnya untuk lolos. Nyatanya, El Chapo berhasil lolos dari penjara ini. Meski dia hanya menghirup udara segar selama 6 bulan saja, sebelum dia ditangkap.”

Agaknya, El Chapo telah menyiapkan strategi kabur. Dia mempunyai tim insinyur pertambangan yang sangat terlatih yang mencari jalan, dari tempat pertanian, sebagai titik awal penggalian hingga menuju ke kamar El Chapo. Jaraknya lebih lebih dari satu mil (sekitar 1,6 Km) ke titik yang sama dengan kamar mandi bos mereka, di penjara Altiplano - 55 mil sebelah barat Mexico City.

Mereka memilih titik awal di sebuah area pertanian yang tidak ditinggali. Tim Insinyur ini menggali sebanyak lebih dari 3.250 ton tanah. Untuk mengangkutnya, dibutuhkan 379 truk.

Perencanaan terowongan itu sangat teliti - bahkan polisi bersenjata sekarang di kompleks itu mengaku selama ini tidak tahu bahwa di area pertanian itu ada penggalian terowongan.

(-senilai-rp-2106-triliun-rabu-ini-diadili" target="_blank">BACA JUGA: El Chapo, sang Legenda Hidup Raja Narkoba)

"Genio, genio," hanya itu yang bisa mereka katakan. Orang-orang itu, yang bekerja tanpa kenal lelah selama lebih dari setahun. Mereka membutuhkan blue print dan peta sambil merencanakan hal-hal seperti mengetahui di mana pintu masuk terowongan yang tersembunyi dari CCTV yang diyakini sebagai penjara paling ketat di Meksiko.

Pekerja dengan sangat hati-hati mengerjakan ‘proyek pembebasan bos’ ini. Banyak alat yang lolos dari pengawasan polisi. Tetapi, mereka cukup hati-hati dengan air minum. Mereka mengisi satu per satu botol untuk mengatasi dehidrasi dalam tanah, ketika mereka menggali.

Penggiling industri besar, alat bor, dan alat penggali masih tersebar di lantai. Mereka telah menyiapkan alat peredam kebisingan.

Tim insinyur yang menggali terowongan selama lebih dari satu tahun juga dibantu oleh operasi kendaraan tugas berat datang dan pergi untuk mengangkut material.

Setelah masuk dalam lorong kecil, bunker di bawah tanah agak lebar dengan berbagai peralatan. Mulai dari generator, pasokan oksigen, derek, dan alat pertambangan.

Lalu, turun lagi melalui tangga, mulailah penggalian mendatar. Terowongan sempit dan gelap menuju ke penjara Altiplano, sejauh 1 mil.

Hebatnya, Insinyur mempunyai konstruksi ketersediaan oksigen dan pencahayaan. Mereka bukan saja menggali terowongan, tetapi memasang rel untuk troli dengan pendorong sepeda motor. Di mana berfungsi sebagai pengangkut material tanah untuk dibuang.

Luar biasa.

Lokasi antara pertanian dan penjara.

.

Lubang untuk memasok oksigen ke terowongan.

.

Lokasi pertanian yang sudah tak terpakai.

.

Sumber: mirror.co.uk

Lihat juga video 'Kejari Gunungkidul Musnahkan Belasan Barang Bukti Tindak Pidana':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO