​Arkeolog Temukan Mumi Kucing Berusia 4.500 Tahun

​Arkeolog Temukan Mumi Kucing Berusia 4.500 Tahun Penuh mummi. foto: the sun

CAIRO, BANGSAONLINE.com – Arkeolog menemukan mumi kucing, setelah mengekspolrasi tujuh makam berusia 4.500 tahun, di tanah pemakaman besar di dekat piramida. Makam baru saja digali sebagian dan bisa berisi artefak dari kuno.

Mumi kucing yang ditemukan mencapai belasan, di kompleks piramida Raja Userkaf di Saqqara, sebelah selatan Kairo.

“Diawali arkeolog menemukan pintu makam lain yang masih disegel,” kata Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Kebudayaan , mengatakan kepada wartawan.

Makam itu berasal dari Dinasti Kelima Kerajaan Kuno, dalam kondisi tidak biasa, karena pintunya masih utuh. “Artinya, belum terjadi penjarahan,” kata Mohamed Youssef, direktur kawasan Saqqara. “Para ahli berencana membuka makam itu dalam beberapa minggu mendatang,” tambah dia.

Dinasti Kelima Kuno diperkirakan ada pada kurun waktu 2.500 SM - 2,350 SM, tidak lama setelah piramida besar Giza dibangun.

“Makam-makam itu terkubur yang hanya sebagian saja ditemukan dan dapat menawarkan lebih banyak penemuan serupa,” kata Waziri.

Penggalian di daerah itu telah dihentikan pada tahun 2013 sebelum melanjutkan awal tahun ini. Saqqara ditetapkan sebagai kawasan nekropolis ibu kota kuno selama lebih dari 2.000 tahun. Dan bangsa Kuno menggunakan mumi hewan sebagai persembahan kepada dewa.

Juga ditemukan dua kumbang besar yang dibungkus kain lenan dan dalam kondisi sangat baik, di dalam sarkofagus batu kapur dengan tutup berkubah. "Kumbang itu adalah sesuatu yang sangat unik. Ini benar-benar agak langka," kata Waziri.

Sumber: thesun

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO