​Hari Pangan Sedunia, Kota Malang Raih Penghargaan Bidang Keamanan Pangan

​Hari Pangan Sedunia, Kota Malang Raih Penghargaan Bidang Keamanan Pangan

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kota Malang meraih penghargaan Bidang Keamanan Pangan, di Hari Pangan se-Dunia ke-38 Tingkat Jawa Timur. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo, di JX International Convention Exhibition Surabaya, Senin (5/11).

Keberhasilan ini, menjadi prestasi Wali Kota Malang yang baru menjabat, sekaligus sebagai saksi keberhasilan Kota Malang meraih penghargaan bidang Keamanan Pangan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, Kota Malang senantiasa konsistensi dalam pemenuhan kebutuhan pangan sesuai amanat UU No.18 Tahun 2012 tentang Pangan, karena menjadi kebutuhan substansial mendasar bagi masyarakat.

"Untuk itu, Pemkot Malang berkewajiban mewujudkan keamanan pangan, dan tersedianya asupan nutrisi bagi masyarakat luas secara aman," kata Sutiaji.

"Dengan kondisi pertanian yang semakin menyusut, maka Pemkot perlu mencermati dan perlunya mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemenuhan kebutuhan pangan. Baik di tingkat produsen, pedagang, maupun konsumen itu sendiri," imbuhnya.

Kebutuhan pangan itu, menurut Sutiaji, tidak hanya pada pangan seperti tumbuhan semata. Melainkan juga kebutuhan pangan hewan, ikan maupun hasil pangan olahan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang Sri Winarni menyampaikan, pelaksanaan keamanan pangan di Kota Malang di antaranya menyiapkan dan menyebarkan informasi, sosialisasi, promosi, pembinaan, dan pengawasan.

"Ada pula pengambilan sampel uji Rapid Tes Kit untuk pangan olahan di sekolah, pedagang, maupun pasar, serta monitoring terkait isu keamanan pangan baik pangan segar asal tumbuhan, hewan maupun ikan," terang Sri Winarni. (iwa/thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO