​Tolak Dizinai Tetangga, Gadis 13 Tahun dari Kasta Sudra Dipenggal Kepalanya, Negara India Tegang

​Tolak Dizinai Tetangga, Gadis 13 Tahun dari Kasta Sudra Dipenggal Kepalanya, Negara India Tegang Para gadis India dari kalangan sudra. Tak punya kesamaan hak. foto: repro cnn

SALEM TAMIL NADU, BANGSAONLINE.com – Seorang gadis berusia 13 tahun, dari kasta sudra, di distrik Salem Tamil Nadu, dibunuh secara brutal dan dipenggal kepalanya, oleh tetangganya, Dinesh Kumar, yang mempunyai kasta lebih tinggi. Gara-garanya, gadis itu menolak untuk dizinai.

Kejadian ini memicu ketegangan se-antero , dan menjadi isu nasional. Dikhawatirkan kekerasan berbasis kasta di bakal meningkat karena peristiwa ini.

Serangan mengerikan terjadi di distrik Salem Tamil Nadu. Menurut polisi setempat, terdakwa Dinesh Kumar ditangkap dan didakwa dengan tindakan yang mengkriminalisasi kekerasan berbasis kasta - sebuah pranata hukum yang telah ada di sejak tahun 1989.

Pejabat polisi senior di distrik ini, Ponkarthik Kumar, mengatakan kepada CNN: "Gadis itu dibunuh secara brutal. Penyelidikan sedang berlangsung dan terdakwa telah ditangkap."

Di , umat Hindu dipisahkan menjadi empat kategori utama - Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra. Kasta ini kemudian dibagi lagi menjadi sekitar 3.000 kasta dan 25.000 subkasta, masing-masing berdasarkan pekerjaan khusus.

Menurut News18, polisi menepis bahwa terdakwa mengalami gangguan mental karena memenggal kepala gadis muda dengan sabit. Gadis ini belajar di sekolah terdekat dan memiliki orang tua yang bekerja sebagai buruh. Menurut laporan, sebelum peristiwa pembunuhan itu, si gadis selalu cerita kepada ibunya, bahwa si tetangga terus merengek mengajak zina. Namun si gadis selalu menolaknya.

Kasta yang lebih rendah, juga dikenal sebagai Dalits, sering ditolak haknya untuk mendapatkan pendidikan dan pekerjaan. Mereka pernah menjadi komunitas yang disebut 'tak tersentuh', dianggap tidak penting. Meskipun ada undang-undang adil bagi kasta sudra, aktivis mengatakan bias, karena yang mengakar kuat masih ada.

Sumber: mirror.co.uk

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO