​Di Maroko, Kiai Asep Beri Beasiswa dan Temui PCINU dan Syaikh Abd al-Mun’im al-Ghumariy

​Di Maroko, Kiai Asep Beri Beasiswa dan Temui PCINU dan Syaikh Abd al-Mun’im al-Ghumariy Dr KH Asep Saifuddin Chalim (nomor 2 dari kanan) saat bersilaturahim bersama Syaikh Dr Abd al-Mun’im al-Ghumariy (nomor 3 dari kanan), salah satu ulama dan intelektual terkemuka di Maroko. foto: istimewa/bangsaonline.com

RABAT, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, bersama rombongan memasuki Kota Rabat Maroko setelah sebelumnya beberapa hari berada di Tripoli dan Beirut Libanon. Safari Kiai Asep ke kota-kota besar di negara-negara Timur Tengah itu di Maroko lebih prioritas pada masalah pendidikan dan NU.

Kontributor BANGSAONLINE.com, Fadly Usman, yang ikut dalam rombongan Kiai Asep melaporkan bahwa pada Ahad tanggal 28 Oktober 2019, pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah itu bersilaturahim ke Pengurus Cabang Istimewa NU (PCINU) Maroko. Kiai Asep dan rombongan ditemui Bintang Ahmad, ketua PCINU Maroko dan didampingi Muhibbur Rohman sebagai wakil ketua PCINU Maroko. Mereka aslinya santri Kiai Asep karena lulusan Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto.

Dalam acara itu Bintang menyampaikan program-program PCINU Maroko tahun 2018 dan 2019. Menurut Bintang, salah satu program PCINU Maroko adalah pameran buku bertaraf internasional yang bakal memamerkan buku-buku karangan ulama tingkat dunia. “Pameran buku tersebut akan diadakan di Cassablanca, Maroko dengan menyediakan stan khusus buku-buku karangan ulama dari Indonesia,” kata Bintang.

Di Maroko, Kiai Asep Saifuddin Chalim sempat memeberikan beasiswa kepada beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di negara kerajaan yang terletak di benua Afrika itu. Penyerahan beasiswa tersebut disampaikan secara simbolis di Hotel Texuda, Rabat, Maroko.

Kepada para pengurus PCINU Maroko, Kiai Asep menyampaikan tentang peran mahasiswa di dunia pendidikan Indonesia dan juga tanggung jawab sebagai penerus ilmu agama. “Barang siapa membantu agama Allah maka akan dibantu langsung oleh Allah,” tegas Kiai Asep mengutip firman Allah.

Ia minta agar para aktivis PCINU bersungguh-sungguh dalam belajar dan selalu bekerja keras dalam segala urusan. “Khususnya dalam memajukan agama melalui Nahdlatul Ulama,” tegas Kiai Asep.

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO