Minggu, 26 Mei 2019 15:22

​Dahsyat! China Buka Jembatan Paling Mengerikan, Ajak Berkendara di Dasar Laut

Senin, 22 Oktober 2018 22:41 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: --
​Dahsyat! China Buka Jembatan Paling Mengerikan, Ajak Berkendara di Dasar Laut
Byur... sim salabim... muncul di seberang sana. foto: mirror.co.uk

HONG KONG, BANGSAONLINE.com - Jembatan sepanjang 55 km, dan dipastikan sebagai jembatan paling mengerikan, telah dibuka di China. Jembatan ini bakal mengajak pengemudi mengendarai mobilnya di dasar laut. Jembatan ini disebut Jembatan Hong Kong Zhuhai Macau.

China telah menyelesaikan jembatan baru raksasa yang menghubungkan Hong Kong ke daratan negara itu. Pengemudi harus mampu melewati lintasan sepanjang 55 kilometer (34 mil) yang menghubungkan Hong Kong ke Makau, melalui kota Zhuhai.

Penyeberangan melalui jembatan besar ini juga akan mengarahkan mobil turun ke sebuah terowongan terendam 6,7 kilometer (4 mil). Terowongan dalam laut ini bukan sekadar dibikin gagah-gagahan. Tetapi, Insinyur China memutuskan untuk menempatkan ruas jalan tol di dasar laut, untuk mengantisipasi truk-truk kontainer yang kelebihan beban muatan.

Presiden China Xi Jinping akan menghadiri upacara pembukaan di Zhuhai pada hari Kamis lusa. Proyek ini diselesaikan dalam waktu 9 tahun. Jembatan ini adalah bagian dari rencana untuk area yang mencakup 56.500 km2, dan yang menghubungkan 68 juta warga di 11 kota yang berbeda.

"Dengan jembatan itu, waktu perjalanan antara Hong Kong dan kawasan Delta Sungai Mutiara Barat akan dipersingkat secara signifikan, yaitu hanya sekitar 3 jam," kata seorang pejabat dalam sebuah pernyataan.

Jembatan itu akan memungkinkan wisatawan mengunjungi Hong Kong, dan melanjutkan perjalanan dengan bebas ke seluruh China daratan. Waktu perjalanan ke Macau, kota yang populer untuk belanja dan kasino besar, kini telah dipotong dari tiga jam menjadi hanya 30 menit.

Namun, pemilik mobil pribadi tidak akan dapat menyeberangi jembatan tanpa izin khusus. Sebagian besar pengemudi akan dipaksa untuk memarkir mobilnya, dan berganti dengan bus pulang pergi yang disediakan, atau menyewa kendaraan untuk menyeberanginya. Biaya naik bus pun cukup murah, yaitu hanya 8 -10 dolar saja.

Hong Kong telah mengalami lonjakan besar dalam jumlah wisatawan dalam beberapa tahun terakhir, utamanya pengunjung yang datang dari Cina daratan. Negara bekas jajahan Inggris itu dibanjiri sebanyak 56,7 juta turis pada tahun 2016. Angka ini tentu fantastis jika dibandingkan dengan kunjungan turis untuk keseluruhan wilayah bekas jajahan Inggris yang jika ditotal 'hanya' mencapai 37,6 juta.

Namun, penduduk Hong Kong telah menyatakan keprihatinan serius atas jembatan baru yang mahal itu. Mereka menilai jembatan itu tidak akan menguntungkan kota, di mana terjadi lonjakan besar terhadap biaya perumahan dan tunawisma dalam beberapa tahun terakhir.

"Ini menghubungkan Hong Kong ke China hampir seperti tali pusar. Anda melihatnya, dan Anda tahu bahwa Anda terhubung ke ibu pertiwi," ujar salah satu sumber mengatakan kepada CNN.

Sumber: mirror.co.uk
Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...