Senin, 22 April 2019 23:57

​Ribuan Warga Kanada Rayakan Ganja Dilegalkan

Jumat, 19 Oktober 2018 22:07 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: --
​Ribuan Warga Kanada Rayakan Ganja Dilegalkan
Sedooooot... dan melayanglah dikau... foto: metro.co.uk

TORONTO, BANGSAONLINE.com - Ribuan warga Kanada telah merayakan legalisasi ganja, sejak Senin lalu. Kanada secara resmi menjadi pasar ganja legal terbesar di dunia. Perjuangan melegalkan ganja dilakukan Perdana Menteri Justin Trudeau selama dua tahun.

Terlihat ratusan bahkan ribuan orang sabar mengantre untuk bisa membeli ganja. Di Toronto, orang-orang langsung menghisap ganja, begitu bangun dari tidur. Di Alberta, situs web pemerintah yang menjual ganja diskon, langsung macet karena terlalu banyak orang mencoba memesan.

Dan di Montreal, Graeme Campbell menyambut gembira karena dengan mudahnya membeli ganja. Padahal sebelumnya, takut dalam intaian polisi. Dia dan temannya Alex Lacrosse sedang menyedot ganja ketika dua petugas polisi lewat. "Saya memberikan Anda hak bersama di depan mereka dan mereka bahkan tidak memata-matai," kata Lacrosse kepada temannya.

Perayaan menyebar ke seluruh negeri saat Kanada menjadi negara terbesar di dunia dengan penjualan ganja legal. Undang-undang baru memungkinkan warga Kanada boleh menyedot ganja, asalkan telah berusia 18 tahun, dan boleh membawa ganja maksimal 30 gram di area publik.

Mereka akan sangat mudah mendapatkan ganja. Sudah mulai buka toko minyak ganja, bunga kering. Setidaknya 111 toko-toko ganja dibuka pada Rabu lalu, di seluruh negeri, dengan banyak lagi yang akan datang, menurut survei Associated Press dari provinsi-provinsi.

Ian Power mengaku baru pertama kali mengantre di toko di St. John’s, Newfoundland untuk membeli satu gram ganja. Namun, ia tidak berencana untuk merokoknya saat tengah malam. "Aku akan membingkainya dan menggantungnya di dindingku," kata Power yang berusia 46 tahun. "Saya akan menyimpannya selamanya."

Sementara Tom Clarke, seorang pedagang panci ilegal selama tiga dekade, kini membuka toko di Portugal Cove, Newfoundland, dan melakukan penjualan pertamanya kepada ayahnya. Tokonya pun disambut kerumunan yang mengantre. "Ini luar biasa. Saya sudah menunggu seluruh hidup saya untuk ini," kata Clarke. "Saya sangat senang tinggal di Kanada sekarang, bukan di selatan perbatasan."

Menjelang sore, Clarke telah menjual seluruh persediaan ganja . Awal penjualan resmi bukan satu-satunya kabar baik bagi penggemar ganja. Kanada mengatakan bermaksud mengampuni semua orang yang memiliki di bawah 30 gram ganja. Ini ambang hukum yang baru.

"Saya tidak perlu menjadi penjahat lagi, dan itu adalah perasaan yang luar biasa," kata penyanyi Ashley MacIsaac, di luar toko yang dikelola pemerintah di Nova Scotia. "Dan dealer baruku adalah perdana menteri!"

Ganja medis telah legal sejak 2001 di Kanada, dan pemerintahan Perdana Menteri Justin Trudeau telah menghabiskan dua tahun terakhir bekerja untuk melegalkan rekreasi ganja untuk lebih mencerminkan pandangan perubahan masyarakat tentang ganja dan untuk membawa operator pasar gelap ke dalam sistem yang diatur. 

Sumber: metro.co.uk
Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Izza Kustiarti
Senin, 22 April 2019 17:12 WIB
Oleh: Izza Kustiarti*Pemilu serentak 2019 merupakan pemilu perdana yang menyertakan antara pemilihan legislatif dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Penyelenggaraan pemilu serentak merupakan titah dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nom...
Senin, 22 April 2019 00:24 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Se...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...