​Wabup Madiun Hadiri Sosialisasi Literasi Keuangan Guru SD-SMP se-Kabupaten

​Wabup Madiun Hadiri Sosialisasi Literasi Keuangan Guru SD-SMP se-Kabupaten

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Hari Wuryanto hadiri sosialisasi literasi keuangan untuk edukasi kepada guru SD/SMP se-Kabupaten di Pendopo Ronggo Djumeno, Kamis (17/10).

Ia mengatakan, acara ini bertujuan agar para guru nantinya bisa menyampaikan kepada masyarakat dan anak didiknya tentang literasi keuangan yang benar.

“Para guru yang hadir ini diharapkan bisa menyampaikan tentang literasi keuangan kepada masyarakat sehingga masyarakat nanti paham, tidak mudah tertipu dengan investasi-investasi yang tidak bertanggung jawab sehingga mereka bisa memilih bagaimana menginvestasikan uang yang benar,“ katanya.

Hari sangat paham dengan jenis kegiatan, perbankan sebab sebelumnya dia menekuni usaha perbankan, sebelum menjadi wakil bupati. Ia menjelaskan, literasi keuangan merupakan proses atau aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, keyakinan konsumen dan masyarakat luas sehingga mereka mampu mengelola keuangan dengan baik.

“Dengan literasi keuangan yang baik, kita akan mampu melihat uang dengan sudut pandang yang berbeda dan memiliki kendali atas kondisi keuangannya. Sebagian masyarakat mengalami tindakan penipuan keuangan disebabkan karena rendahnya literasi keuangan masyarakat," tandasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu mendapatkan perhatian pemerintah dalam hal ini OJK, PUJK serta dunia pendidikan yang memiliki ruang untuk melaksanakan teknis edukasi tentang literasi keuangan pada masyarakat.

Pada acara sosialisasi bersama Otoritas Jasa Keuangan, Perbarindo dengan hastag “Sinergi, OJK, Perbarindo, dan Pemerintah Kabupaten untuk Mendorong Percepatan Akses Keuangan Melalui Gerakan Menabung Simpanan Pelajar”.

Juga dilakukan penandatanganan MoU antara Perbarindo dengan Dinas Pendidikan Kabupaten tentang Sosisalisasi Edukasi Literasi Keuangan Dan Perluasan Akses Keuangan Bagi Peserta Didik Melalui Simpanan Pelajar (Simpel). (hen/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO