Warga Kedungbanteng Dibantu Lapindo Gotong Royong Bersihkan Sampah Sungai

Warga Kedungbanteng Dibantu Lapindo Gotong Royong Bersihkan Sampah Sungai

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Kedungbanteng, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten gotong royong membersihkan tumpukan sampah di sungai desa setempat, Jumat (12/10).

Kegiatan pembersihan sampah sungai ini didukung Lapindo Brantas Inc dengan menurunkan satu unit excavator dan satu unit truk. Pembersihan sampah sungai terpaksa harus menggunakan alat berat karena volumenya sangat banyak.

Tumpukan sampah sungai yang memprihatinkan itu terlihat di wilayah RT 3 RW 2 Desa Kedungbanteng. Di sungai terlihat banyak sampah rumah tangga dari plastik dan tanaman enceng gondok. Tumpukan sampah dan tanaman enceng gondok mengakibatkan aliran air di sungai ini mampet.

Di musim kemarau, debit air sungai menjadi jauh berkurang sehingga tekanan aliran air juga tidak terlalu kuat.

Dengan dibantu warga, sedikit demi sedikit tumpukan sampah di sungai ini diangkat menggunakan excavator dan dinaikkan truk. Sampah rumah tangga dan tanaman enceng gondok tersebut selanjutnya dibuang ke tanah kosong yang yang lokasinya jauh dari pemukiman warga. Tumpukan sampah itu dibakar setelah mengering.

Volume sampah di sungai Desa Kedungbanteng diperkirakan mencapai ratusan meter kubik. Satu unit truk yang didatangkan harus bolak-balik beberapa kali membawa sampah ke tempat pembuangan. Pembersihan sampah sungai itu pun berlangsung dari pagi hingga menjelang sore.

“Tentunya kami senang apabila sampah di sungai dibersihkan, karena keberadaan sampah sudah sangat mengganggu warga,” kata Gofur, warga RT 3 RW 2 Desa Kedungbanteng.

Menurut Gofur, bau yang ditimbulkan akibat sampah itu sangat busuk dan menusuk hidung. Selain mengganggu pemandangan, tumpukan sampah bisa menimbulkan penyakit karena banyaknya barang busuk yang mengundang lalat. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO