Minggu, 29 Maret 2020 01:11

Bupati Sidoarjo Paparkan Skema KPBU RSUD Krian di SDG Indonesia One

Jumat, 12 Oktober 2018 01:02 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Bupati Sidoarjo Paparkan Skema KPBU RSUD Krian di SDG Indonesia One
?POSE: Bupati H Saiful Ilah bersama sejumlah kepala OPD sesaat sebelum presentasi di forum SDG Indonesia One, di Bali, Kamis (11/10). Foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah memaparkan proyek RSUD Krian skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), di forum SDG Indonesia One, di Ayana Resort and Spa Jimbaran, Bali, Kamis (11/10).

Forum ini bagian dari Annual Meeting World Bank-IMF Tahun 2018. Dalam presentasinya, bupati berbicara soal perkembangan proyek KPBU RSUD Krian. Menurutnya, Pemkab Sidoarjo mendukung peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Visi Pemkab Sidoarjo sangat sederhana, yakni RSUD Krian dikerjasamakan dengan swasta diharapkan masyarakat dapat memperoleh pelayanan bintang lima dengan harga kaki lima atau dijamin BPJS.

“Dengan KPBU dimungkinkan efisiensi APBD. Pemkab tidak mengeluarkan biaya pada tahap konstruksi. APBD baru dikeluarkan saat dibuka pelayanan. Jaminan performa pelayanan dan optimalisasi anggaran dalam satu skema kerjasama,” beber bupati.

Pihaknya pun berharap pihak swasta untuk melihat peluang ini. “Tahap prakualifikasi yang ditutup hari ini dapat menghasilkan minat dan keseriusan swasta yang tinggi,” cetusnya dalam rilis yang dikirim ke BANGSAONLINE.com, Kamis (11/10) petang.

Bupati menegaskan, komitmen politik sangat penting untuk membuat swasta nyaman berinvestasi. Sidoarjo sudah lama menjadi tempat tujuan investasi yang diminati investor. Hal ini karena iklim investasi yang kondusif.

Ini dibuktikan dengan Sidoarjo dianugerahi Jatim Investment Award selama 5 tahun berturut-turut. Pemkab Sidoarjo sangat paham komitmen pemerintah dan kemudahan yang diberikan kepada swasta akan membuat swasta nyaman berinvestasi.

“Melalui KPBU ini, Pemkab Sidoarjo yakin akan menguntungkan kedua belah pihak, baik pemerintah maupun swasta,” tegas Abah Saiful, panggilan karib Bupati H Saiful Ilah. Bagi dia, RSUD Krian paling tepat dibangun dengan skema KPBU.

Alasannya, ini KPBU pertama untuk proyek RSUD dan juga pertama di Sidoarjo. Sehingga, menurut bupati, komitmen dari semua pihak sangat diperlukan. DPRD adalah salah satu mitra kerja Pemkab yang utama.

Dan untuk mensukseskan KPBU ini, Pemkab Sidoarjo mendiskusikan proyek ini dengan sangat intensif dengan DPRD. “Dari diskusi insentif itu, bakal menghasilkan kesepahaman tentang KPBU. Harapannya, sebelum penandatangan perjanjian KPBU, bakal mendapat persetujuan DPRD,” bebernya.

Dalam forum ini, panelis lainnya yakni, Anang Latif (Direktur BAKTI), Ir Lili Sholeh Wartadipradja, MM (Ketua Tim Simpul KPBU Provinsi Jatim), Muhammad Farchan (Direktur PDAM Semarang), Wiriya Alrahman (Ketua Tim KPBU RSUD dr Pirngadi), PT Indonesia Infrastruktur Finance, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Para panelis akan menyampaikan terkait proyek KPBU di wilayahnya masing-masing. Dalam kegiatan ini, Bupati Sidoarjo didampingi diantaranya Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sidoarjo, Ari Suryono. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...