Perpustakaan Jatim Diminta Siapkan D-Jatim ​dalam Hadapi Era Industri 4.0

Perpustakaan Jatim Diminta Siapkan D-Jatim ​dalam Hadapi Era Industri 4.0 Sekretaris Daerah Prov. Jatim Dr. Ir. Heru Tjahjono saat membuka Kongres XIV Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) dan Seminar Ilmiah Tahun 2018 di Hotel Bumi Surabaya, Selasa (9/10) malam.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menghadapi era industri 4.0, perpustakaan Jawa Timur diminta mempersiapkan diri menuju digital Jawa Timur (D-Jatim). Permintaan tersebut untuk mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang dengan memanfaatkan teknologi informasi layanan perpustakaan digital kepada masyarakat secara online.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Prov. Jatim Dr. Ir. Heru Tjahjono saat membuka Kongres XIV Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) dan Seminar Ilmiah Tahun 2018 di Hotel Bumi Surabaya, Selasa (9/10) malam.

Heru menjelaskan, D-Jatim merupakan layanan perpustakaan digital berbasis android yang bisa diakses semua masyarakat tanpa terbatasi tempat dan waktu. Apalagi di era Industri 4.0 ditandai dengan penggunaan mesin-mesin automasi yang terintegrasi jaringan internet.

Meski demikian, dengan dikembangkannya D-Jatim, Heru berharap agar keinginan tersebut tidak mengubah sistem lama dalam memberikan pelayanan perpustakaan secara langsung. Sehingga, melalui para pustakawan, minat baca masyarakat di perdesaan.bisa semakin meningkat.

Berdasarkan data Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Jatim, secara komulatif sejak 2008 perpustakaan desa di seluruh Jawa Timur telah mendapat bantuan buku. Dari 8.501 desa/kelurahan, 3.557 desa/kelurahan atau sekitar 39,49 % nya sudah mendapatkan bantuan. Sementara melihat Indeks Minat Baca masyarakat Jatim mengalami peningkatan dengan nilai indeks 65,25 % (2015), 69,75 % (2016) menjadi 72 % (2017).

Lebih lanjut disampaikannya, Perpustakaan Jatim bisa menjadi pusat informasi tentang lokal konten Jatim. Sehingga dapat dijadikan indikator bahwa kemajuan teknologi dan kemapanan perekonomian di suatu wilayah dapat dilihat juga dari koleksi muatan lokal di perpustakaan yang dimiliki.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO