​100 Calon Perebutkan 31 Jabatan Kades di Pilkades Serentak Kabupaten Blitar

​100 Calon Perebutkan 31 Jabatan Kades di Pilkades Serentak Kabupaten Blitar

BLITAR, BANGSAONLINE.com - 100 calon kepala desa mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Kabupaten Blitar, Selasa (9/10/2018). 100 calon kades ini memperebutkan posisi kades di 31 desa yang tersebar di 17 kecamatan.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, masing-masing desa minimal diikuti 2 calon kades. Namun ada beberapa desa yang memiliki hingga 5 calon kades.

Sesuai dengan aturan, proses pemungutan suara dimulai pukul 07.00 - 13.00 WIB. Sedangkan proses penghitungan suara dimulai pukul 13.00.

Secara umum, pelaksanaan Pilkades serentak menurut Suhendro Winarso berjalan lancar. Termasuk di beberapa desa yang masuk kategori rawan. Tingkat partisipasi pemilih dinilai Suhendro Winarso juga cukup tinggi.

Di beberapa desa untuk menarik minat pemilih bahkan panitia menyediakan berbagai macam hadiah unik.

"Secara umum tidak ada kendala yang berarti. Tingkat partisipasi masyarakat juga cukup tinggi. Mereka cukup antusias datang ke tempat pemungutan suara untuk memilih pemimpin mereka," tutur Suhendro Winarso, Selasa (9/10/2018).

Bupati Blitar Rijanto bersama forum pimpinan daerah (Forpimda) juga melakukan monitoring pelaksanaan Pilkades serentak ini. Dari hasil monitoring, bupati menyatakan apresiasinya kepada masyarakat yang ikut berperan aktif menyukseskan Pilkades serentak. Sehingga berjalan aman dan kondusif. Meski ada beberapa desa yang masuk kategori rawan konflik.

"Saya sudah melakukan monitoring bersama Forpimda. Dari pengamatan di lapangan pelaksanaan Pilkades berjalan aman dan kondusif. Hal ini tentu saja tidak akan terwujud tanpa dukungan dari masyarakat," ungkap Rijanto.

Untuk mengamankan Pilkades serentak ini, ratusan personel TNI dan Polri diterjunkan untuk mengamankan. Di wilayah hukum Polres Blitar diterjunkan sebanyak 483 personel yang disiagakan di 23 desa. Mereka akan dibagi di 23 desa dan posko.

Sedangkan Polres Blitar Kota yang akan mengamankan 8 desa di lima kecamatan di wilayah barat Kabupaten Blitar diterjunkan sebanyak 259 personel. (ina/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO