​Antisipasi Bencana Alam, Polres Ngawi Gelar Simulasi

​Antisipasi Bencana Alam, Polres Ngawi Gelar Simulasi

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Pada hari Kamis (04/10/2018) pukul 07.00 WIB terdengar suara sirene dari Mapolres Ngawi. Hal tersebut merupakan tanda Panggilan Luar Biasa (PLB) yang secara spontan seluruh jajaran anggota Polres Ngawi berkumpul di halaman Polres.

Ternyata pada hari Kamis pagi tersebut merupakan simulasi dari kesiapan dari jajaran Polres Ngawi dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu terjadi.

Tampak selain anggota Polres Ngawi juga Kodim 0805, anggota Satpol PP dan BPBD dalam memperagakan simulasi kesigapan dalam menghadapi bencana alam. Begitu anggota jajaran Polres Ngawi beserta instansi terkait membentuk apel siaga bencana yang langsung dipimpin oleh Kapolres Ngawi AKBP MB Pranatal Hutajulu. 

Setelah orang nomor satu di Polres Ngawi memberikan arahan langsung seluruh anggota apel menaiki kendaraan yang telah disiapkan langsung menuju waduk pondoh yang terletak di Desa Dero, Kecamatan Padas..

“Hari ini kita sengaja melakukan simulasi dengan beberapa asumsi penanganan korban bencana yang melibatkan para pemangku kepentingan yang ada di wilayah Ngawi. Sehingga apabila terjadi bencana alam semua personel sudah terlatih,” jelas Pranatal Hutajulu di depan awak media.

Dalam keterangannya, simulasi disesuaikan dengan karakteristik wilayah Ngawi yang sering terjadi bencana alam banjir di daerah Kwadungan, Padas dan beberapa wilayah kecamatan lainnya.

Saat rombongan berangkat menuju Waduk Pondoh sebelum sampai di lokasi telah dihadang dengan robohnya dua buah pohon yang melintang di jalan. Ternyata dalam simulasi pertama melakukan pembersihan pohon tumbang lalu disusul evakuasi korban banjir dan pertolongan terhadap korban banjir termasuk yang menyelamatkan diri di atap rumah.

Selain itu juga diperagakan oleh anggota Satreskrim Polres Ngawi saat terjadinya penjarahan sewaktu kondisi chaos.

“Termasuk upaya pencegahan aksi kriminal berupa penjarahan terhadap toko maupun minimarket saat terjadinya bencana. Kita imbau ke masyarakat juga berpartisipasi ketika ada bencana alam untuk tidak berbuat kriminal,” pungkas Kapolres Ngawi. (nal/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO