​Lepas 100 Kafilah Jatim ke MTQ Nasional di Sumut, Pakde Karwo Doakan Sukses

​Lepas 100 Kafilah Jatim ke MTQ Nasional di Sumut, Pakde Karwo Doakan Sukses Pakde Karwo saat memberikan semangat kepada para kafilah yang akan berlomba pada MTQ Tingkat Nasional XXVII tahun 2018 yang akan berangkat ke Kota Medan, Sumatera Utara.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo melepas 100 kafilah Jatim yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran () tingkat Nasional XXVII, yang akan digelar di Kota Medan dan Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, pada tanggal 4-13 Oktober 2018 mendatang. Pelepasan para kafilah ini dilakukan di Hotel Luminor Surabaya, Rabu (3/10) sore.

“Saya doakan bisa sukses di Sumatera Utara, baik sukses dalam keadaan sehat, semua bersemangat, dan seluruh hasil ikhtiar pendidikan dan pelatihan yang telah dilalui para peserta dapat mewujudkan prestasi tertinggi dalam nasional,” ujar Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim.

Pakde Karwo berharap, agar para kafilah Jatim bisa tenang dan mengeluarkan kemampuan yang terbaik. Dan itu diperlukan perhatian dan sentuhan dari para guru, pembina, pendamping, dan official. Menurutnya, pendekatan pendidikan yang humanis, seperti orang tua dengan anak, akan memberi dampak yang lebih baik daripada mendidik dengan cara struktural.

“Ini adalah bagian penting bagaimana pendidikan itu diletakkan pada pendekatan yang humanis. Berikanlah sentuhan layaknya orang tua terhadap anak-anaknya. Kepada pembina, berikanlah penekanan pada kafilah bahwa ini bukan semata-mata kompetisi, tapi ini bagian dari syiar Islam yang indah. Bagi kafilah, jadilah tauladan bahwa santri-santri Jawa Timur sangat tawaduk terhadap gurunya,” pesannya.

Gubernur kelahiran Madiun ini juga bangga bahwa sistem pelaksanaan nasional XXVII ini telah mengadopsi dan terinspirasi dari pelaksanaan di Jatim yang telah menggunakan sepenuhnya teknologi informasi (TI). Mulai dari pendaftaran calon peserta, absensi sidik jari (finger print), sampai dengan penilaian akhir pada masing-masing cabang dan golongan.

“Kami apresiasi, hari ini ada kabar bahwa nasional menggunakan full Teknologi Informasi. di Jatim sudah sejak Tahun 2006 menggunakan Teknologi Informasi, semua proses sejak awal sampai keputusan tentang nilai sudah secara online,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jatim Dr. Ir. Heru Tjahjono mengatakan, seratus kafilah Jatim terdiri dari peserta sebanyak 47 orang, pembina 20 orang, official 25 orang, dan pendamping 8 orang. Dalam kali ini, kafilah Jatim mengikuti seluruh cabang lomba, yang terdiri dari 12 cabang lomba di 12 arena lomba atau mimbar.

Dalam Nasional Tahun 2018 juga akan digelar berbagai seminar, parade 1.000 hafidz, malam ta'aruf, pameran, pawai ta'aruf, dan peluncuran buku. Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Kanwil Kemenag Jatim, H. Syamsul Bahri, para kiai selaku pembina , pengurus LPTQP Jatim, dan para peserta . (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO