Kamis, 04 Juni 2020 22:00

Hari Batik Nasional, Dharma Pertiwi Usung Batik Jawa Timuran

Selasa, 02 Oktober 2018 13:41 WIB
Editor: Rizki Daniarto
Hari Batik Nasional, Dharma Pertiwi Usung Batik Jawa Timuran

SURABAYA, BANGSAONLINE.Com - Setiap tanggal 2 Oktober, seluruh di warga Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Bukan karena motif, ataupun bentuknya. Namun, batik merupakan salah satu budaya turun temurun bagi masyarakat Indonesia.

Seperti yang berlangsung di Surabaya, tepatnya di Balai Prajurit, Makodam V/Brawijaya, Selasa (2/10). Perwakilan pengurus yang tergabung di dalam persatuan Dharma Pertiwi Daerah E terlihat sangat antusias ketika mengikuti berlangsungnya acara membatik bersama yang digelar dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional.

Ketua Dharma Pertiwi E Mia Arif Rahman mengungkapkan, acara tersebut merupakan gagasan yang dikeluarkan oleh Dharma Pertiwi pusat.

“Di Jakarta, kurang lebih sebanyak 5 ribu orang. Sedangkan di Surabaya kurang lebih sebanyak 200 peserta. Itu belum termasuk yang di daerah-daerah yang ada di wilayah Dharma Pertiwi E lainnya,” ungkap istri Pangdam V/Brawijaya ini.

Rencananya, kata Mia Arif, acara yang digelar dalam rangka Hari Batik Nasional tersebut akan digelar setiap tahunnya. “Ini baru pertama kali kita laksanakan,” kata Mia.

Selain memperingati Hari Batik Nasional, digelarnya acara tersebut juga bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih mencintai batik yang merupakan ciri khas masyarakat Indonesia.

“Ini bentuk kebanggaan kita terhadap batik. Jadi, kita tidak perlu malu lagi menggenakan batik dimanapun kita beraktivitas,” tuturnya.

Selain diikuti oleh Ketua Dharma Pertiwi Daerah E Mia Arif Rahman, acara tersebut juga diikuti oleh pejabat dan pengurus Jalasenatri, PIA Ardhya Garini, dan Bhayangkari. (pendam v brawijaya)

Sumber: Pendam V Brawijaya
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...