Komisi IX DPR RI Kampanyekan Program KB di Pacitan

Komisi IX DPR RI Kampanyekan Program KB di Pacitan Uni Hidayati saat melakukan sosialisasi program KB di Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur menyosialisasikan pengembangan kampung KB dengan menggandeng mitra kerja Komisi IX Anggota DPR RI di berbagai daerah di Jawa Timur.

“Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah yang salah satunya wujud pembangunan Nawacita yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dalam menciptakan keluarga berkualitas melalui kampung KB. Mari bersama-sama menciptakan keluarga berkualitas melalui KB,” kata Anggota Komisi IX DPR RI, Nur Suhud, Senin (1/10), kemarin.

Pihaknya mengatakan bahwa sebelumnya telah menggelar sosialisasi program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) melalui acara komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) di beberapa desa se-Dapil VII Jatim.

Sementara itu, Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan KKB Malang, Uni Hidayati menyampaikan program sosialisasi pengembangan kampung KB ini sudah sejak tahun 2016 dicanangkan. Hasilnya, di tahun 2016 sudah terbentuk 141 kampung KB, tahun 2017 sebanyak 725 kampung KB.

“Ini artinya, capaian sudah di atas 109 persen. Sedangkan tahun 2018 kita masih menyosialisasikan di 38 kota se-Jawa Timur, untuk sasarannya khususnya di wilayah miskin. tahun 2019 harus sudah mencapai 100 persen,” jelasnya.

Menurutnya, keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal oleh anak. Oleh karena itu, keluarga berperan menjadi pondasi utama dalam membangun karakter anak dalam masa yang akan datang. ”Melaksanakan fungsi keluarga tidak bisa asal-asalan, walaupun tidak mudah,” tuturnya.

Sosialisasi kampung KB ini diadakan di 3 kecamatan di wilayah Pacitan, yakni di Kecamatan Pacitan Kelurahan Pucangsewu, Kecamatan Donorojo Desa Gendaran, dan Kecamatan Kebonagung Desa Wonogondo. (pct1/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO