Jumat, 18 Oktober 2019 02:06

Jadi Irup, Pakde Karwo: Pancasila Jalan Tengah Pemersatu Bangsa

Senin, 01 Oktober 2018 23:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Jadi Irup, Pakde Karwo: Pancasila Jalan Tengah Pemersatu Bangsa
Gubernur Jawa Timur saat Membacakan Teks Pancasila Pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Grahadi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pancasila merupakan jalan tengah yang mempersatukan Bangsa Indonesia dari berbagai perbedaan baik nilai, keyakinan, ideologi dan kultural yang ada di Indonesia. Dengan adanya Pancasila, maka tidak ada lagi kelompok ekstrim kiri maupun kanan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo, usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (1/10).

Menurut gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini, dalam catatan sejarah, kelahiran Pancasila sebagai sebuah ideologi bangsa merupakan proses panjang atau konsesnsus nasional yang diletakkan sebagai jalan tengah antara berbagai perbedaan pandangan di masyarakat. Untuk itu, Pancasila menjadi pemersatu terhadap segala perbedaan itu.

“Ini hasil pemikiran besar para founding father bangsa ini. Proses panjang yang kemudian meletakkan lima sila ini sebagai pandangan hidup dan falsafah bangsa serta dasar konstitusi,” katanya.

Saat ini, lanjutnya, yang harus dilakukan adalah terus menjadikan Pancasila sebagai working ideology yang menjadi panduan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Untuk itu, Pemerintah terus melakukan pembangunan untuk mewujudkan keadilan dan mengatasi disparitas.

“Pengejawantahan lain konsep working ideology dalam mengembalikan konsep keadilan bagi masyarakat adalah dengan membantu pihak yang kecil dan yang besar kita fasilitasi,” katanya.

Untuk itu, lanjut Pakde Karwo, peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ini harus dimaknai sebagai momen refleksi mengembalikan filosofi Pancasila sebagai dasar dan way of life Bangsa Indonesia yang multikultur dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan.

“Hari ini momentum untuk mengingat kembali Pancasila sebagai jalan hidup yang harus kita kuatkan. Pancasila jalan tengah adalah tepat, dan ikrar yang dibacakan Ketua DPRD tadi adalah tentang kesetiaan kita terhadap Pancasila,” kata orang nomor satu di Jatim ini.

Ditambahkannya, problem yang dihadapi bangsa saat ini bukan kuat atau lemahnya Pancasila, tetapi bagaimana mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Seperti dalam upaya mencapai keadilan harus dilakukan dengan pengambilan keputusan melalui musyawarah bersama atau musyawarah mufakat.

“Ini semua dilakukan untuk kepentingan bersama yakni bangsa dan negara,” pungkasnya.

Turut hadir isteri Gubernur Jatim Dra. Hj. Nina Soekarwo, MSi, jajaran Forkopimda Jatim, serta para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim. (ian/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 18 Oktober 2019 01:53 WIB
SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Komunitas Mahasiswa Generasi Bari Indonesia (GenBI) Jember melakukan penanaman terumbu karang di laut dangkal objek wisata Pasir Putih Situbondo, Kamis (17/10).Selain itu, komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank ...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...