Puncak Festival Kelud, Kawasan Kelud Alami Hujan Nanas

Puncak Festival Kelud, Kawasan Kelud Alami Hujan Nanas Bupati Kediri Haryanti Sutrisno saat melihat buah-buah lokal yang dijual di kawasan Gunung Kelud Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pada puncak perayaan Festival Kelud 2018, Kelud bagaikan hujan nanas. Bagaimana tidak, sekitar 7.000 buah nanas sukses dan lancar dibagikan kepada ribuan masyarakat yang sejak pagi sudah memadati rest area depan teater Kelud, Minggu (30/9). Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Kenduri Nanas.

Kegiatan ini sukses menyedot wisatawan baik masyarakat lokal maupun luar daerah. Pengunjung datang tidak dari sekitar Kediri saja, bahkan dari luar kota seperti Surabaya, Blitar, dan Malang. Mereka rela berebut, bersenggolan, bahkan berdesak-desakan hanya ingin mendapatkan buah nanas Kelud yang terkenal rasanya manis.

Sejak pagi tepatnya pukul 07.00 WIB, arak-arakan tumpeng dari balai Desa Sugihwaras dibawa ke rest area Gunung Kelud kemudian diletakkan di sekeliling tumpeng nanas raksasa. Pada kegiatan ini turut berpartisipasi kelompok tani Kecamatan Ngancar, perkumpulan wanita tani, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sebelum prosesi upacara, pengunjung masih diizinkan mengabadikan momen untuk sekadar berfoto bersama tumpeng nanas. Setelah itu, tepatnya pukul 11.00 WIB prosesi upacara dimulai. Prosesi ini dipimpin langsung oleh mbah Ronggo dan didoakan dengan beberapa keyakinan, seperti dari Islam dan Kristen.

Simak berita selengkapnya ...