Jumat, 22 Maret 2019 20:08

Peduli Korban Tsunami dan Gempa, Rumah Sakit Terapung Unair Bertolak Menuju Donggala

Senin, 01 Oktober 2018 15:18 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Nur Khasanah Yulistiani
Peduli Korban Tsunami dan Gempa, Rumah Sakit Terapung Unair Bertolak Menuju Donggala
Tim Kapal Rumah Sakit Unair yang berangkat menuju Donggala.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kapal Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) memutuskan untuk mengalihkan bakti sosial di kawasan Maluku Barat Daya menuju Donggala, Sulawesi Tengah, untuk membantu para korban tsunami dan gempa. RSTKA berangkat dari Alor menuju Makassar, Sabtu (29/9).

"Kami anggap Palu dan Donggala lebih membutuhkan bantuan sehingga kami putuskan untuk putar haluan menuju Donggala," kata dr. Agus Harianto, SpB, direktur RSTKA yang dari pelabuhan Alor sebelum bertolak menuju Donggala, seperti rilis yang diterima BANGSAONLINE.com, Senin (1/10).

Agus menjelaskan, sesuai dengan renacana, RSTKA akan mengadakan misi kemanusiaan dengan memberikan pelayanan dokter spesialis pada masyarakat yang tinggal di kawasan pulau-pulau perbatasan di kawasan Indonesia Indonesia Timur. Kegiatan tersebut sudah dimulai sejak tanggal 19 September lalu dan rencanannya akan berakhir 3 November 2018.

Pulau yang akan dijadikan lokasi kegiatan sosial meliputi Pulau Nusa Penida, Alor, Lirang, Wetar, Kisar, Leti, Moa, Lakor, Luang Barat, Luang Timur, Sermata, Babar, Banda, dan terakhir Wakatobi. Yang sudah dilakukan bakti sosial dengan lancar dan sukses yaitu Nusa Penida dan Alor.

Namun, rencana itu berubah seketika mengingat adanya bencana yang terjadi di Palu dan Donggala. Pihak RSTKA memutuskan untuk putar haluan menuju Donggala mengingat di sana ada bencana yang lebih membutuhkan penanganan cepat.

Dari Alor menuju Donggala berjarak 730 mil yang diperkirakan memakan waktu antara 3 sampai 4 hari.

Berdasarkan keterangan dari dr. Christrijogo Sumartono, dr.,SpAn.,KAR Ketua Yayasan Ksatria Medika Airlangga, sepuluh relawan RSTKA semalam sudah tiba di Makassar. Kemudian dengan pesawat Hercules akan menuju Palu.

Kesepuluh relawan SDM RSTKA tersebut adalah Djoko Winarno, Ns., Yoppie Prim Avidar, dr., SpAn., M. Hardian Basuki, dr., SpOT., Shohibul Hilmi, dr., SpOT., Gozali Asparin, Ns., Wayan Dhea Agastya, dr., Randy Yusuf Pratama Putra, Ns., Yos Kowara, dr., Lejar Gumawang, Ns., dan Anang Wijaya, Amd.Kep.

Christrijogo mengatakan, kapal akan singgah di pelabuhan Makassar untuk mencari bahan bakar kapal, barang bantuan medis dan non medis, seperti tenda, obat-obatan, kateter, kain pembalut (perban), dan keperluan lain terkait penanganan korban.

Sekretaris Yayasan KMA dr. Suwaspodo Henri Wibowo, dr., Ap.An., MARS., juga menginformasikan, dimana pun kapal RST mau berlabuh sudah memperoleh bantuan kemudahan dari Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub. Hal itu sesuai dengan Surat telegram Dirjen Hubla Nomor TX-21/IX/DN-18 tanggal 24 September 2018.

Dalam surat telegram tersebut dinyatakan dan diinstruksikan kepada para syahbandar UPT Ditjen Perhubungan Laut yang disinggahi kapal RSTA sebagai pemberian pertolongan, agar diberikan kemudahan dan kelancaran terhadap penerbitan SPB dan pengangkutan barang yang diangkut.

Yayasan Ksatria Medika Airlangga membuka donasi melalui rekening CIMB NIAGA: 703-849-215-300, MANDIRI: 142-00-2017778-7, BRI: 0411-01000525-306. (yul/dur)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Minggu, 17 Maret 2019 23:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag28. Wa-immaa tu’ridhanna ‘anhumu ibtighaa-a rahmatin min rabbika tarjuuhaa faqul lahum qawlan maysuuraanDan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka kat...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...