Warga Desa Sendang Terima Bantuan Air Bersih dari YPPM Al Hasanyyah

Warga Desa Sendang Terima Bantuan Air Bersih dari YPPM Al Hasanyyah

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kesulitan air bersih yang dialami warga Desa Sendang, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban sedikit teratasi berkat bantuan yang diberikan oleh Pondok Pesantren Majelis Ta'lim (YPPM) Al Hasanyyah desa setempat, Kamis (27/9).

YPPM memberikan bantuan air bersih sebanyak satu truk tangki berkapasitas 5000 liter. Pantauan di lapangan, antusiasme warga nampak dari deretan antrean jerigen ember. Mereka rela menunggu mulai pagi jelang siang untuk mendapatkan air bersih.

"Biasannya sih, kalau kemarau gini ibu beli air ke tukang ngangsu,'' ungkap Abis Maghfiroh (19) warga Desa Sendang kepada BANGSAONLINE.com.

Kata dia, sejak kurun waktu satu Minggu ini warga sekitar pesantren tak memikirkan kebutuhan air bersih. Sebab, pengurus pesantren memberikan dropping air bersih sebagai kegiatan berbagi dengan warga sekitar.

Sementara itu, Pengasuh YPPM Al Hasanyyah, KH. Abdullah Hasyim menyampaikan, kegiatan berbagi air bersih merupakan aksi solidaritas pesantren untuk warga yang mukim di sekitar pondok. Adapun untuk penuhi kebutuhan air bersih, mobil tangki tersebut pulang pergi 3 hingga 8 kali mengambil air bersih dari mata air Krawak, Kecamatan Montong.

"Sejak dampak musim kemarau panjang yang dirasakan tahun ini, kita adakan kegiatan rutinan berbagi air bersih yang sudah berjalan satu mingguan. Selain memenuhi kebutuhan air bersih di pondok, santri juga diajarkan berbagi untuk warga di lingkungan sekitar," terangnya.

Terpisah, Kaur Umum Perangkat Desa Sendang, Ahmad Fuddin mengungkapkan, pada tahun ini ada sejumlah dusun di Desa Sendang yang mengalami kekurangan air bersih dampak musim kemarau. Karena itu, pihak desa menyambut baik solidaritas dan inisiatif pengasuh ponpes yang ikut membantu warga desa dalam memenuhi kebutuhan air bersih. (ahm/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO