​Cegah Radikalisme dan Terorisme, Saring Sebelum Sharing Informasi

​Cegah Radikalisme dan Terorisme, Saring Sebelum Sharing Informasi Caption: Kepala Bakesbangpol saat memberikan sambutannya sebelum membuka secara resmi acara literasi tersebut. foto: YUDI A/HARIAN BANGSA

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Timur Jonathan Judianto, membuka acara Literasi Digital Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat, di hotel Grand Inna Jalan Gubernur Suryo, Rabu (26/9).

Ia mengungkapkan, berdasarkan laporan Kominfo tahun 2017, sebanyak 800 ribu akun yang beredar di media sosial (medsos) saat ini terindikasi menjadi penyebar berita-berita hoax. Konten yang diposting tersebut biasanya berupa informasi yang menyulut intoleransi, radikalisme, me, dan lain sebagainya.

"Angka ini bisa berkurang atau bertambah pada tahun 2018.Bayangkan, setiap hari masing-masing akun menyebarkan informasi hoax, berapa informasi yang tersebar, ini sangat bahaya," ungkapnya saat membuka secara resmi acara yang digelar oleh Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jatim dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ().

Menurut Jonathan, pola penyebaran faham radikal mengalami perkembangan yang luar biasa pesat. Pelakunya juga tidak mengenal batas usia, mulai dari orang dewasa sampai anak kecil juga menjadi bagian dari pelaku me.

"Ini problem besar, apalagi di dalam penyebaran propaganda dan keyakinan mereka, menggunakan fasilitas kemajuan dunia digital," jelasnya.

Ia menambahkan, mayoritas pengguna media sosial adalah anak muda. Usia muda sangat rentan dan mudah termakan oleh informasi hoax dan radikal. Karena itu, lanjutnya, literasi digital ini menjadi penting sebagai langkah untuk mencegah penyebaran informasi hoax dan penyebaran informasi intoleran dan adu domba.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO