​KPK Diminta Awasi Proses Persidangan di PN Surabaya

​KPK Diminta Awasi Proses Persidangan di PN Surabaya

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Forum Peduli Masyarakat Bawah (FPMB) kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (26/9). Dalam orasinya, FPMB yang merupakan korban dugaan penipuan penjualan apartemen meminta agar Komisi Pemberantasan Korupsi () mengawasi proses persidangan kasus Sipoa.

Massa FPMB menggelar unjuk rasa dengan membentangkan spanduk bertuliskan: ‘ harus turun tangan dalam persidangan Sipoa’. Tak hanya spanduk, massa FPMB juga membawa poster Tee Teguh Kinarto, salah satu pemegang saham PT Bumi Samudra Jedine, yang merupakan perusahaan di bawah naungan PT Sipoa Group.

Dalam orasinya, FPMB meminta agar turun tangan mengawasi sidang kasus penipuan dan penggelapan Sipoa dengan terdakwa Budi Santoso dan Klemen Sukarno Candra. Selain itu, FPMB juga mendesak agar majelis hakim sidang kasus Sipoa bekerja secara profesional.

Terlebih lagi FPMB mencium adanya pihak-pihak yang mencoba mempengaruhi keputusan majelis hakim. “Ada hakim yang diduga menutup-nutupi kedok dari dalang atau otak kasus penipuan Sipoa,” kata massa saat melakukan orasi.

Muhammad Aldo, salah satu korban Sipoa juga turut hadir pada unjuk rasa yang digelar oleh FPMB. Kepada wartawan, Aldo mengaku telah menyurati semua pihak.

“Saya sudah mengirim surat ke presiden, wakil presiden, staf presiden, Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, dan kepolisian. Tapi tidak ada respon sama sekali, saya harus bagaimana lagi?” katanya seraya menangis.

Karena tidak mendapat respon, Aldo pun mendesak agar menyelidiki proses persidangan kasus Sipoa di . Bahkan, Aldo bersama para korban lainnya berencana akan mendatangi serta institusi lain secara langsung.

“Saya ingin menyelidiki sidang Sipoa. Saya akan mengantar sendiri surat ini ke minggu depan,” ujar Aldo.

Perlu diketahui, unjuk rasa ini merupakan ketiga kalinya yang dilakukan FPMB. Mereka menuntut agar seluruh aparat penegak hukum mengusut tuntas dalang dan otak dari kasus Sipoa. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO