​Gus Macshoem Gagas Gerakan #2019TetapBersaudara

​Gus Macshoem Gagas Gerakan #2019TetapBersaudara Gus Machshoem, Mas Ipin dan sejumlah tokoh muda NU menggagas gerakan #2019TetapBersahabat. Foto: DIDI R/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ajang pemilihan presiden 2019 yang diikuti dua pasangan calon membuat masyarakat terbelah antara yang mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin dengan mereka yang mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. 

Aksi saling dukung pasangan pun membuat kondisi panas dan mengarah ke perpecahan. Hal itu diperparah dengan informasi yang mengalir di media sosial yang cenderung provokatif.

Kondisi tersebut membuat Agus Machshoem Faqih prihatin. Pria yang akrab disapa Gus Machshoem itu pun menggagas Gerakan #2019TetapBersaudara. Gerakan itu dilaunching dalam kopi darat nasional (Kopdarnas) dalam menyongsong tahun politik 2019 yang pengaruhnya sudah terasa saat ini. Ia berharap gerakan ini bisa menurunkan tensi politik yang mulai memanas.

"Acara ini untuk menggalang ukhuwah Islamiyyah, ukhuwah basyariyyah dan ukhuwah wathoniyyah. Tahun politik ini saya harap semuanya tetap bersaudara. Kita menjadi suatu komponen yang tidak bisa dipisahkan. Satu tujuan mencintai negara ini seperti mencintai diri sendiri," tutur Gus Machshoem, Minggu (23/9).

Pengasuh Pondok Pesantren Langitan Tuban ini berharap kondisi negara bisa tetap stabil dan guyub. Masyarakat pun beraktifitas secara normal. Tidak terkotak-kotak dalm aksi dukung mendukung. Tidak perlu energi terkuras hanya untuk ajang pilpres.

"Kita semua punya kewajiban dan peranan sebagai komponen bangsa. Kita adalah satu anak bangsa yang menjaga kedaulatan negara ini sampai titik darah penghabisan. Jangan saling caci maki dan mencela, harus saling menjaga dan menghormati," imbaunya.

Gus Machshoem menambahkan tidak ada tujuan lain dalam Kopdarnas ini, selain Indonesia tetap guyun, rukun dan bersaudara.

"Karena sejatinya kita ini sesama anak bangsa yang berada dalam bingkai NKRI. NKRI itu harga mati, Indonesia harus tetap berkembang dan maju. Ini panggilan hati dan jiwa saya sebagai anak bangsa yang punya peranan masing-masing agar punya manfaat," bebernya.

Lihat juga video 'BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO