​Kepala Daerah Gabung Tim Pemenangan Berpotensi Dongkrak Suara

​Kepala Daerah Gabung Tim Pemenangan Berpotensi Dongkrak Suara Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Mochtar W Oetomo.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Mochtar W Oetomo menilai banyaknya kepala daerah yang masuk menjadi Tim Kampanye Daerah Joko Widodo-Ma'ruf Amin bernilai positif. Mereka bisa menjadi modal untuk menarik dukungan dan mendongkrak suara di Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

"Soal banyaknya kepala daerah yang masuk timses Jokowi di Jatim, secara elektoral kepala daerah jelas memiliki kekuatan mobilisator. dia bisa memobilisasi elemen-elemen yang ada di tengah masyarakat, bahkan mungkin juga memiliki kekuatan mobilisasi dana karena pengaruh politik yang dimilikinya," kata Mochtar, Kamis (20/9).

Meski demikian, CEO Surabaya Survey Center (SSC) ini menilai hal tersebut bukan jaminan untuk menang di Pilpres mendatang. Pasalnya, kemenangan pasangan Calon Presiden ditentukan oleh figur yang dicalonkan.

"Tapi perlu diingat, Pilpres bukanlah pertarungan parpol dan juga bukan pertarungan pejabat publik. Pilpres adalah pertarungan figur dimana kekuatan narasi yang ada pada masing-masing paslon jauh lebih berpengaruh secara elektoral dibanding kekuatan yang lain," tambahnya.

Mochtar menambahkan, mobilisasi kepala daerah bukanlah faktor utama yang menentukan kemenangan. Akan tetapi, yang paling utama adalah bagaimana kandidat mengajukan narasi kampanye untuk menarik pemilih.

"Dalam pilpres kuncinya bukan pada mobilisasi penguasa daerah tetapi lebih pd efektivitas distribusi narasi agar bagaimana secepat dan sekuat mungkin masuk dalam benak pemilih," tambahnya.

Seperti diketahui, ada 31 kepala daerah di Jawa Timur yang masuk dalam TKD Jokowi-Maruf Amin. Masuknya kepala daerah itu diumumkan dalam rapat perdana TKD di kantor DPD PDIP Jawa Timur kemarin. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO