​Diduga Dibakar, Hutan di Lereng Gunung Arjuno Pasuruan Terancam Habis

​Diduga Dibakar, Hutan di Lereng Gunung Arjuno Pasuruan Terancam Habis Ilustrasi.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Nasib hutan hingga saat ini ini terancam habis. Sampai Senin (17/9) siang, ada 800 hektare hutan di lereng tersebut yang terbakar. Saat ini, tim masih melakukan penyisiran, adakah titik api yang masih muncul di hutan tersebut.

Diono Yusuf, bagian lingkungan Yayasan Satu Daun mengungkapkan, titik api berasal dari lereng persil, yang mana termasuk wilayah Taman Hutan Raya di lereng . Dugaan sementara, kebakaran di Hutan Arjuno disebabkan faktor kesengajaan.

“Hingga pukul 9 malam pada Sabtu, sekitar 800 hektare lahan sudah berhasil dipadamkan, diduga dibakar,” jelasnya kepada BANGSAONLINE.com.

Saat ini, petugas masih melakukan pencarian titik-titik api baru, untuk menghindari makin meluasnya areal kebakaran. Sebagaimana diketahui, cuaca panas dan angin yang berhembus sangat memungkinkan untuk api mudah merembet ke pepohonan.

“Sekarang kami masih mau naik, cari titik api kalau masih ada,” tambah Dion.

Diketahui, hutan di lereng yang mengalami kebakaran merupakan hutan peyangga bagi dua desa, yakni Desa Jatiarjo dan Dayurejo.

Upaya pemadaman api dilakukan langsung oleh masyarakat Jatiarjo, Tahura, Perhutani, relawan dan pihak kepolisian. Ikhtiar itu sempat terkendala ketiadaan air, sehingga hanya menggunakan dahan dan ranting pohon yang dipukul-pukulkan ke bara api. (afa/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Motor Terbakar di Alun-Alun Kota Pasuruan, Pemiliknya Malah Kabur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO