Tensi Politik Memanas, ​Mahfud MD dan Gus Ipul Luncurkan #2019PilpresCeria

Tensi Politik Memanas, ​Mahfud MD dan Gus Ipul Luncurkan #2019PilpresCeria Secara simbolis dilakukan penyematan kaos dan topi bertuliskan #2019PilpresCeria kepada para tokoh. Foto: YUDI A/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejumlah tokoh nasional menginisiasi gerakan #2019PilpresCeria di Hotel Garden Palace Surabaya, Senin (17/9). Hal itu dilakukan melihat belakangan ini, meski kurang satu tahun, tensi politik Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mulai memanas.

Hadir dalam gerakan itu, yakni Mantan Ketua MK yang juga anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD, Ustaz Yusuf Mansur, Ekonom Faisal Basri, dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf ().

"Akhir-akhir ini saya, , Yusuf Mansur, Faisal Basri, dan beberapa kawan lain melihat ketegangan-ketegangan di tahun politik ini mulai panas. Bahkan agak terlalu panas, sehingga kami perlu membentuk satu gerakan #2019PilpresCeria," kata Mahfud.

Jelang pilpres ini, menurutnya, masyarakat acap kali saling menyalahkan satu sama lain. Etika berpolitik sudah hilang. Bahkan saking parahnya persaudaraan pun tergerus.

Bersama para penggagas #2019PilpresCeria lain, Mahfud tak ingin bila di Pemilu 2019 nanti dijadikan alat untuk perpecahan atau digunakan untuk ajang saling tuding, memecah belah bangsa, dan meinginjak nilai-nilai kemanusiaan.

"Mari kita lakukan pemilu ini dengan cerdas dan punya kegembiraan. Karena kita mau punya pemimpin yang ditetapkan oleh konstitusi. Entah mau pemimpin yang lama ditetapkan, atau pemimpin yang baru itu terserah rakyat saja," kata dia.

Masyarakat, lanjutnya, seharusnya bisa saling menghargai dan mengerti pilihan masing-masing. Mau siapa pun pilihannya, Jokowi ataupun Prabowo, Mahfud meminta masyarakat bisa memilih dan mempertimbangkannya secara rasional.

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO