​Pengesahan 600 Warga Baru PSHT di Blitar Libatkan Ribuan Petugas Gabungan

​Pengesahan 600 Warga Baru PSHT di Blitar Libatkan Ribuan Petugas Gabungan

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ribuan personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan prosesi pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (), Jumat (14/9/2018).

Ribuan personel ini terdiri dari anggota Polres Kota, Polres , Polres Kediri, Kodim 0808 dan Bataliyon Infanteri 511.

Kapolres Kota AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, mereka akan disebar di sejumlah titik lokasi menuju gedung lama kantor Pemerintah Kabupaten di Jalan Sudanco Supriyadi, Kota . Tempat dilaksanakannya pengesahan 600 warga baru .

"Dari Polres Kota kami terjunkan 328 personel. Sisanya bantuan dari Polres , Polres Kediri, dan TNI. Total semuanya sekitar seribu personel. Sementara khusus di perbatasan -Tulungagung akan dibantu personel dari Polres Tulungagung," jelas Adewira, Jumat (14/9/2018).

Selain Polri dan TNI, pihaknya juga akan melibatkan pengamanan internal dari personel Pamter . Alasannya, mereka lebih tahu dan paham cara menghadapi anggotanya. 

"Pola pengamanan di beberapa titik paling depan adalah Pamter sendiri. Misalnya ada penyekatan anggota dari daerah lain Pamter yang akan lebih dulu mengarahkan mereka untuk kembali," imbuhnya.

Menurut dia, pengamanan dengan melibatkan ribuan personel ini untuk mencegah terjadinya gesekan antara pesilat dengan kelompok lain. Seperti yang pernah terjadi di beberapa daerah lain.

"Sebelumnya kami juga sudah melakukan penyisiran ke titik rawan serta melakukan rakor dengan Raya maupun pesilat dari kelompok lain untuk bekerjasama menjaga keamanan selama pelaksanaan pengesahan warga baru di Kota ," tegasnya.

Lebih lanjut Adewira mengimbau tidak ada konvoi oleh anggota sebelum maupun sesudah pengesahan agar tidak menganggu pengguna jalan lain dan menyebabkan kemacetan lalu lintas. 

"Kalau macet-macet dikit kami harap masyarakat maklum. Namun kami memastikan tidak akan ada konvoi," pungkasnya. (ina/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO