Senin, 19 November 2018 04:44

​Peringati Malam 1 Suro, Warga PSHT Senori Gelar Tirakatan dan Doa Bersama

Senin, 10 September 2018 23:34 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Istihar
​Peringati Malam 1 Suro, Warga PSHT Senori Gelar Tirakatan dan Doa Bersama

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati malam 1 Suro, ratusan warga PSHT mengadakan tirakatan dan doa bersama di padepokan Senori, Tuban, Senin malam (10/9). Tanggal 1 Muharram 1440 H yang juga dikenal dengan sebutan malam 1 Suro ini bertepatan jatuh pada Selasa (esok), 11 September 2018 M. 

Oleh ratusan warga PSHT di Senori, tirakatan dan doa bersama ini ditujukan terhadap pendiri PSHT Ki Hadjar Hardjo Oetomo dan leluhur pencak silat sebagai cikal bakal perlawanan terhadap penjajah di bumi. 

"Malam 1 Suro sebagai wujud pelestarian adat istiadat serta wuri-wuri budaya leluhur. Sebab itu, para pendekar PSHT di malam tersebut diadakan tirakatan dan doa bersama yang malam ini bertepatan dengan ulang tahun Ranting PSHT Senori ke-26 tahun," ungkap sesepuh PSHT Senori, Mas Dasir kepada BANGSAONLINE.com.

Dalam doa bersama itu, para siswa dan warga PSHT membaca doa tahlil. Kemudian sebagai penanda pergantian hari pada pukul 00.00 WIB, para warga PSHT diberangkatkan untuk melaksanakan tirakatan dengan cara berjalan bersama tanpa alas kaki. 

Mereka mengelilingi jalan poros perkampungan desa untuk melantunkan doa dan harapan di dalam hati masing-masing agar wilayah perkampungan desa terhindar dari marabahaya maupun tolak bala dalam masa satu tahun mendatang.

"Sebagai bukti tujuan utama PSHT didirikan untuk mendidik manusia berbudi luhur," ungkap Ketua Ranting Senori Zakki Mubarok. (ahm/ian) 

Rabu, 14 November 2018 00:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SUASANA khusuk menyelimuti Jumat malam 9 November 2018 di lorong-lorong kampung, di ruas-ruas musholla, di beranda-beranda langgar, di ruang-ruang masjid, surau ataupun gardu desa. Rakyat membaca doa dengan selingan renungan tent...
Minggu, 18 November 2018 03:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wayad’u al-insaanu bialsysyarri du’aa-ahu bialkhayri wakaana al-insaanu ‘ajuulaan (11).Ayat studi ini mengingatkan, betapa watak dasar manusia itu tak sabaran, maunya segera terwujud ap...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 06 November 2018 22:28 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dua tahun terakhir Kabupaten Madiun mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama anugerah wisata buatan terbaik provinsi diraih Taman Wisata Madiun Umbul Square tahun 2017, menyusul kemudian ...