​Jokowi: Saya Duduk di Istana, (Padahal) Saya Bukan Ketua Partai, Bukan Elit Nasional

​Jokowi: Saya Duduk di Istana, (Padahal) Saya Bukan Ketua Partai, Bukan Elit Nasional Presiden Joko Widodo didampingi Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA dan Menteri Agama RI Drs Lukman Hakim Saifuddin saat pertemuan khusus dengan para kiai di lantai II kediaman pribadi Kiai Asep Saifuddin Chalim di Pesantren Amanatul Ummah Kembangbelor Pacet Mojokerto. Foto: bangsaonline.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Presiden Joko Widodo () menggelar pertemuan khusus dengan para kiai dan nyai di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto Jawa Timur, Kamis (6/9/2018) lalu. Banyak hal disampaikan , terutama tentang pribadinya dalam pertemuan tertutup yang dijaga ketat paspampres itu. EM MAS’UD ADNAN, Direktur HARIAN BANGSA dan bangsaonline.com yang ikut pertemuan tersebut melaporkan secara bersambung untuk pembaca bangsaonline.com.

Pertemuan istimewa itu berlangsung di lantai II kediaman pribadi Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah. tampak duduk lesehan di karpet bersama Kiai Asep, Lukman Hakin Saifuddin (Menteri agama), Khofifah Indar Parawansa (Ketua Umum PP Muslimat NU dan Gubernur Jawa Timur terpilih), Soekarwo (gubernur Jawa Timur), dan para kiai dan nyai lainnya.

Presiden ke-7 itu menceritakan tentang perjalanan dirinya sebagai . Menurut dia, dirinya jadi karena kehendak Allah. Sebab secara logika politik dirinya tak mungkin bisa jadi . ”Saya bukan ketua partai. Saya bukan pengurus partai. Saya bukan elit nasional (dulunya). Saya berasal daerah,” kata yang membuat beberapa kiai terkesima.

Ia memang berawal dari Solo. Awalnya sebagai wali kota Solo, kemudian naik jadi gubernur DKI Jakarta, lalu jadi RI.

Ia juga menegaskan bahwa dirinya tak punya logistik. “Saya ini orang biasa. Saya duduk di Istana karena kehendak Allah,” tegas yang membuat kiai makin terkesima.

bahkan kembali menegaskan bahwa dirinya bukan pengurus dan ketua partai. “Kalau menteri agama ini pengurus partai,” kata yang disambut tawa para kiai dan nyai. Yang dimaksud adalah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang memang pengurus Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Lukman yang duduk disamping juga tertawa.

sekali lagi menekankan bahwa dirinya bisa jadi semata kehendak Allah. “Jadi secara logika politik gak masuk. Dalam kalkulasi politik apapun tak masuk. Saya duduk di Istana karena kehendak Allah,” kata . (bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO