Ciptakan Bolpoin Cerdas Pendeteksi Narkotika, Siswa SMKN Rengel Juara Lomba PCTA Tingkat Jatim

Ciptakan Bolpoin Cerdas Pendeteksi Narkotika, Siswa SMKN Rengel Juara Lomba PCTA Tingkat Jatim Siswa-siswi SMKN Rengel saat menerima piagam penghargaan setelah menjuarai lomba PCTA tingkat Jawa Timur.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Prestasi membanggakan didapat dari siswa SMKN Rengel setelah berhasil menjadi juara 1 dalam lomba PCTA (Parade Cinta Tanah Air) tingkat SLTA se-Jawa Timur yang diadakan oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia.

Dalam lomba yang mengusung tema “Wujudkan Generasi Muda Anti Narkoba Dan Cinta Tanah Air" tersebut, generasi muda Indonesia dituntut berinovasi dan menuangkan idenya dalam bentuk esai atau karya ilmiah.

Dan siswa SMKN Rengel berhasil juara berkat karyanya berupa alat pendeteksi narkotika mirip bolpoin.

Salah satu guru pembimbing sekaligus Guru Kimia SMKN Rengel, Veronika mengungkapkan, penciptaan alat deteksi narkotika tersebut berawal dari rasa keprihatinan melihat kasus penyalahgunaan narkoba, khususnya di kalangan pelajar. Selain itu, modus peredaran narkoba juga makin berkembang, hingga berupa beberapa makanan dan minuman yang dijual di sekolah maupun pasar-pasar tradisonal.

"Berawal dari situ kedua siswa kami yakni Miftahul Ghufroni dan Salsadilla Luluk Ariyani memberanikan diri guna mencari solusi yakni dengan menciptakan alat pendeteksi narkotika yang diberi nama SI PENATOR (Smart Ink Pen Narcotic Inspector). Alat tersebut mampu mendeteksi kandungan zat narkotika dalam makanan maupun minuman. Selain itu, desain alat yang sederhana menyerupai pulpen atau pena dirasa sangat cocok untuk diimplementasikan pada generasi mileneial saat ini, yakni para pelajar," ujar Veronika kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (2/9).

Langkah awal untuk membuat alat tersebut, Veronika mengungkapkan, dua siswa tersebut terlebih dahulu melakukan mini research di Laboratorium IPA SMKN Rengel dan studi literatur tentang kandungan senyawa antosianin pada ekstrak buah naga dan senyawa kurkumin pada ekstrak kunyit. Dari perpaduan tersebut, ternyata menghasilkan campuran cairan yang dijadikan tinta pada alat SI PENATOR. Tinta tersebut mampu mengikat senyawa kimia, khususnya zat narkotika.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO