​Gelar Penmas, MTsN 1 Kota Malang Serahkan 4 Macam Bantuan ke Warga Jeruk

​Gelar Penmas, MTsN 1 Kota Malang Serahkan 4 Macam Bantuan ke Warga Jeruk Drs H Samsudin, MPd, kepala MTsN 1 Kota Malang bersama Ketua Komite MTsN Mochtar, disaksikan kades Sri Gading dan kasun Jeruk, saat peresmian pagar halaman masjid di Dusun Jeruk, Sabtu (25/8). Foto: IWAN I/BANGSAONLINE

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Sejak tahun 1995, MTsN 1 Kota Malang menjadikan momen Idul Adha 1439 H sebagai agenda rutinitas pengabdian diri ke masyarakat (Penmas).

Hal itu dibuktikan oleh MTsN tersebut dengan menyerahkan 4 macam bantuan kepada warga Dusun Jeruk, Desa Sri Gading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Sabtu (25/8) kemarin.

"Bentuk bantuan itu antara lain 2 ekor hewan kurban sapi, 289 paket sembako, baju layak pakai, serta sarana prasarana berupa pembuatan pagar di halaman masjid," jelas Kepala MTsN 1 Kota Malang Drs. H. Samsudin, M.Pd.

Ia menjelaskan, pengabdian masyarakat tersebut termasuk bagian dari serangkaian momen Idul Adha yang dilaksanakan oleh sekolahnya. Di mana sebelum baksos digelar, 1.170 siswa MTsN 1 Kota Malang mengikuti pelatihan manasik haji. Kemudian, menggelar Salat Id bersama dan penyembelihan hewan kurban sebanyak 20 ekor kambing dan 2 ekor sapi di madrasah.

"Semua hewan kurban dan bantuan yang kita serahkan dan kita tasarrufkan ke warga Dusun Jeruk Sri Gading, berasal dari amal soleh para siswa dan guru serta karyawan MTsN 1 Kota Malang," ungkap Samsudin.

Makna yang dipetik dari moment Idul Adha, tambahnya, adalah memberikan rasa kepedulian, pengabdian masyarakat, adanya kekuatan silaturahmi dapat meningkatkan nilai persatuan dan kesatuan.

Kepala Dusun Jeruk Subakir sangat mengapresiasi amal ibadah sekaligus perhatian yang diberikan MTsN 1 Kota Malang. "Ini merupakan wujud pengabdian dan pembelajaran sesungguhnya bagi siswa secara implementasi, selain pelajaran materi di bangku madrasah," tuturnya.

Ia berharap dan berdoa, semoga MTsN 1 Kota Malang bisa terus meningkatkan amal baiknya. Juga diberikan kelancaran dan keberkahan rejeki, agar bisa membina lebih banyak lagi warga lainnya di Malang Raya.

"Terakhir, Kami akan mendistribusikan kupon hewan kurban kepada warga Dusun Jeruk sebanyak 289 KK (kepala keluarga). Dan semoga penyembelihan hewan kurban ini dapat meringankan beban warga miskin di sini," pungkasnya. (iwa/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO