​ Pertama Kali, Disbudpar Jatim Gelar Parade Seni Budaya Malam Hari di Ngawi

SURABAYA (bangsaonline) – Memeringati HUT Kabupaten Ngawi yang ke-656, Disbudpar Jatim menggelar Parade Seni Budaya, Sabtu (13/09) besok.

“Ini kali pertama, parade budaya digelar pada malam hari,” kata Kepala Bidang Budaya Seni Dan Film Disbudpar Jatim, Hartini, tadi siang.

Tentu saja, dengan menggelar parade malam hari, efek lampu cukup memberikan nuansa artistik. Hartini yakin, Parade Seni Budaya ini, akan menjadi acara yang cukup spektakuler.

Pemilihan Kabupaten Ngawi sendiri, dikarenakan Pemkab Ngawi mengajukan permohonan kepada Gubernur, agar acara rutin Parade Seni Budaya ditempatkan di Ngawi. Dan Gubernur menyetujui.

“Saya yakin animo warga Ngawi dan sekitarnya, akan tinggi terhadap Parade Seni Budaya ini. Kami juha sudah melakukan publikasi melalui baliho, spanduk, iklan di radio local, dan radio di Surabaya. Tentu saja, semua ingin Parade SeniBudaya ini sukses,” ujar Hartini, yakin. “Bahkan untuk Parade Seni Budaya tahun 2015 saja, sudah ada satu kabupaten yang mengajukan pernohonan kepada Gubernur, yaitu Kabupaten Banyuwangi. Tetapi, untuk tahun 2015 belum ada keputusan,” tambah dia.

Hingga kemarin, kabupaten dan kota yang sudah menyatakan turut serta dalam Parade Seni Budaya, sudah 29 kota/kabupaten. “Sebenarnya, saya berharap seluruh kota/kabupaten 38ikut parade. Dari 29 kota/kabupaten yang ikut, Kabupaten Probolinggo menyatakan mundur dikarenakan Pemkab Probolinggo mempunyai gawe. Tetapi, satu kota lain mengonfirmasikan kesanggupannya, yaitu Kota Madiun,” ujar Hartini.

Dari penampilan seluruh kabupaten/kota, akan ditentukan 10 terbaik, yang berhak atas Piala Gubernur. Harapannya, tiap tim peserta parade akan menampilkan yang terbaik. Dan tentu saja, bagi yang terbaik, berhak mewakili Jawa Timur untuk ajang serupa di tingkat nasional.

“Tahun ini, Jatim juara pada Parade Seni Budaya tingkat nasional tahun 2014, dengan menggabungkan Sumenep dan banyuwangi. Ini juga akan kami tampilkan dalam Parade Seni Budaya di Ngawi. Adapun satu hari sebelumnya, yaitu Jumat malam (nanti malam, red), kami akan memutar bioskop keliling, ” kata Hartini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mandi di Air Terjun Sedudo Nganjuk, Bisa Bikin Awet Muda?':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO