Upacara HUT RI, Bupati Sambari Undang Orang Tua Paskibraka

Upacara HUT RI, Bupati Sambari Undang Orang Tua Paskibraka Bupati Sambari menyerahkan bendera merah putih kepada Paskibra untuk dikibarkan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengundang orang tua pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) untuk mengikuti prosesi upacara kemerdekaan. Bupati yang bertindak selaku Inspektur upacara menyatakan bahwa upacara detik-detik Proklamasi sangat baik dan tertib.

"Saya menilai tugas pengibaran bendera pusaka dilaksanakan dengan sangat baik. Untuk itu, kepada seluruh undangan dan peserta upacara saya minta agar memberikan tepuk tangan yang meriah," pinta Bupati sebelum membubarkan barisan usai pelaksanaan upacara detik-detik Proklamasi, Jumat (17/8).

Saat pengibaran bendera merah putih, Paskibraka melaksanakan tugas dengan sangat baik. Pelaksanaan upacara detik-detik Proklamasi dikomandani oleh Mayor Arh. Suwanto dari Kodim 0817 Gresik berjalan lancar. Peserta upacara serta undangan sangat khidmat memperhatikan setiap langkah Paskibrakaterdiri dari pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45.

Perhatian tamu undangan terhadap prosesi pengibaran bendera membuat suaana hening dan hanya terdengar derap langkah Paskibraka yang serempak. Usai upacara, Lisana Hamidah siswi Kelas XI IPA 2 SMPN I Gresik pembawa bendera pusaka mengaku sangat deg-degan saat menerima bendera pusaka dari Bupati.

“Saat Pak Bupati menaruh bendera merah putih pada baki yang saya bawa, saya merasa deg-deg tapi juga sangat bersemangat bercampur haru. Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik," katanya bangga.

Tak hanya Lisana, hampir semua anggota Paskibraka menyatakan bangga. Apalagi saat itu, kedua orang tua mereka turut dihadirkan di kursi undangan dan menjadi saksi saat bertugas menjadi Paskibraka.

Sementara Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Sutrisno menyatakan, Bupati sengaja mengundang para orangtua Paskibraka untuk mengikuti upacara detik-detik Proklamasi tahun 2018. "Hal ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Kabupaten Gresik. Tahun-tahun sebeumnya belum pernah orang tua Paskibraka dilibatkan pada upacara," pungkasnya. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO