Senin, 26 Agustus 2019 10:47

725 Siswa MAN 2 Pasuruan Kirim Surat ke Presiden Jokowi

Rabu, 15 Agustus 2018 12:59 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Ahmad Fuad
725 Siswa MAN 2 Pasuruan Kirim Surat ke Presiden Jokowi
Para siswa-siswi mengikuti lomba menulis surat kepada Presiden Jokowi.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 725 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pasuruan mengikuti lomba menulis surat kepada Presiden Joko Widodo, Rabu (15/8).

Bertempat di halaman sekolah, para murid tampak antusias menulis surat yang dikemas dalam bentuk lomba menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Dengan rentang waktu 8 menit, mereka harus bisa menghasilkan satu lembar surat berisi unek-uneknya. Nantinya, 17 peserta dengan surat terbaik akan dikirimkan ke Istana Negara.

Panitia Lomba, Irham Zuhdi menuturkan kegiatan ini untuk menampung aspirasi pelajar mengenai persoalan yang berada di sekitarnya. “17 surat yang dikirim sesuai momennya 17 Agustus, sedangkan dikerjakan delapan menit sesuai bulan Agustus,” ujarnya kepada BANGSAONLINE.com di lokasi.

Kata Irham, hasil dari pelajar ini nantinya akan akan diseleksi terlebih dahulu sebelum dikirim ke Istana Negara, Jakarta. Pengiriman surat paling lambat dilakukan pada hari Jum’at 17 Agustus 2018.

“Jadi nanti seluruh surat akan dibagikan ke semua guru. Masing-masing guru mengambil dua yang terbaik, lalu diketik ulang supaya memudahkan yang baca. Tapi naskah asli kita cantumkan juga,” ujar Irham.

Lomba mengirim surat kepada pemimpin bukanlah hal yang pertama kali dilakukan oleh MAN yang berada di Desa Areng-Areng, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan ini. Sebelumnya lomba serupa juga dilakukan, dan dikirim kepada Bupati Pasuruan.

“Sudah dua kali, yang pertama surat untuk Bupati dua tahun lalu, yang kedua kepada Presiden,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu siswi yang mengikuti lomba, mengaku bangga bisa menulis surat kepada Presiden. Dirinya menulis tentang kebudayaan di mana para generasi muda mulai meninggalkan budaya bangsanya sendiri.

“Jadi ini spesial banget buat saya bisa menulis langsung kepada Bapak Jokowi, tadi menulis mengenai kenakalan remaja dan pelestarian budaya kita,” ujar Adinda Mirotul Azqiyah siswi kelas XI IPA. (afa/dur) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...