Vaksinasi Difteri Tahap Dua di Pasuruan Belum Capai 50 Persen

Vaksinasi Difteri Tahap Dua di Pasuruan Belum Capai 50 Persen

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Rencana pemerintah pusat untuk menuntaskan pemberian vaksinasi difteri terus digalakkan setelah sebelumnya sukses melaksanakan program yang sama pada tahap I. Kini program itu dilanjutkan lagi di tahap kedua.

Menurut keterangan Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Pasuruan, Agus Eko Iswahyudi pada Bangsaonline.com beberapa hari yang lalu, bahwa kegiatan vaksinasi difteri tahap kedua ini sudah berjalan sejak tiga pekan terakhir.

“Sasaran vaksinasi di Kabupten pasuruan pada tahun II ini sebanyak 419.899 anak yang tersebar di wilayah Kabupaten Pasuruan,“ jelasnya.

Pada tahap pertama, program vaksinasi belum rampung seratus persen, karena menyisakan 2 persen. Kata dia, target itu tidak tercapai disebabkan adanya penolakan dari salah satu ponpes di wilayah Kabupaten Pasuruan.

"Ada salah satu ponpes yang tidak menghendaki kegiatan penyuntikan di kawasan ponpes setempat dilakukan," ujar Agus Eko.

Ia melanjutkan, ogahnya ponpes setempat lantaran berkaitan dengan sertifikasi dari MUI. Padahal, ia meyakinkan kalau vaksin yang digunakan pemerintah tersebut adalah halal. Keogahan itu pula yang membuat pihaknya memperkirakan hal serupa akan terjadi pada vaksinasi tahap kedua.

Untuk tahap kedua, ia mengklaim program vaksinasi sudah mencakup ratusan ribu anak. Dari catatannya, pelaksanaan vaksinasi itu sudah mencapai 46 persen dari 419.899 anak. Proses tersebut bakal berlanjut hingga akhir Agustus 2018. (bib/par/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO