​Pemkab Pamekasan Dropping Air ke Daerah Terdampak Kekeringan

​Pemkab Pamekasan Dropping Air ke Daerah Terdampak Kekeringan

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Musim kemarau tahun ini ada sejumlah daerah di Pamekasan yang sudah terdampak kekeringan. Hal ini membuat Pemkab melakukan dropping air bersih untuk membantu mengatasi kekurangan air bersih. 

Pj Bupati Pamekasan Fattah Jassin melepas rombongan 13 tangki air bersih sesudah pelaksanaan apel pagi awal bulan di halaman kantor Pemda jalan kabupaten, Senin (6/8).

“Kita memang tiap tahun memang menganggarkan untuk program kekeringan di saat musim kemarau, setelah BPBD memetakan wilayah yang memang sangat membutuhkan,” katanya.

Di hari pertama pendroppingan, Pemkab langsung melakukan pengiriman 13 tangki ke daerah terdampak kekeringan.

Dalam tanggap darurat tahun ini, mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3,5 milliar. Namun jika masih dibutuhkan oleh masyarakat tidak menutup kemungkinan terdapat tambahan anggaran.

Sedangkan bagi daerah yang memang membutuhkan air bersih, Pj Bupati mengimbau untuk langsung melayangkan surat yang ditujukan kepada Bupati sesuai dengan prosedur yang ada. "Tentunya nanti akan ditinjau layak tidaknya daerah tersebut," ujarnya.

Sementara itu menurut Kepala BPBD Kabupaten Pamekasan, Akmalul Firdaus, daerah yang terdampak kekeringan ada 310 dusun di 78 desa yang tersebar di 10 kecamatan, di antaranya Kecamatan Tlanakan, Proppo, Pademawu, Palengaan, Pegantenan, Larangan, Kadur, Waru, Batumarmar dan Kecamatan Pasean.

“Pelaksanaan hari ini, tentunya kita laksanakan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) tanggap darurat kekeringan selama 2 bulan, dan tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang sesuai dengan kondisi musim yang berlaku tahun ini. Dan jika kemarau masih panjang kami akan memperpanjang SK tanggap daruratnya,” pungkasnya. (err/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO