Minggu, 18 November 2018 18:18

​Trending Topic, Pakde Karwo Layak Cawapres Jokowi 2019

Kamis, 02 Agustus 2018 22:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
​Trending Topic, Pakde Karwo Layak Cawapres Jokowi 2019
Gubernur Jatim, Soekarwo mendampingi Presiden RI Joko Widodo saat kunjungan kerja di Jatim. Foto : istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dukungan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo terhadap pencalonan Presiden Jokowi di pemilihan Presiden 2019 mendapat sambutan luar biasa para netizen dunia maya. Hal ini terekam sejak kemarin (1/8/2018) hingga Kamis (2/8) malam, nama pejabat yang akrab disapa Pakde Karwo itu menjadi trending topic nomer satu di jagat twitter.

Di hari pertama, para netizen memberi ucapan dengan tanda pagar (tagar) #TerimakasihPakdeKarwo disusul satu hari kemudian muncul tagar #JokowiKarwo. Dua tagar itu bahkan menduduki peringat satu dengan jumlah tweet terbanyak dari seluruh user twitter.

Cuitan mereka pun beragam. Seperti cuitan dari@DenissaAudya juga mengapresiasi usaha Pakde Karwo dengan tiga gubernur yang lain yaitu Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono yang menggagas rekonsiliasi budaya Jawa dengan Sunda.

"Tiga gubernur menggagas rekonsiliasi budaya. Hal ini guna menghilangkan sekat antara Jawa dan Sunda yang telah berseteru sejak 661 tahun lalu pasca tragedi Pasundan Babat. #TerimakasihPakdeKarwo"

@andhikaswarna juga memuji Pakde Karwo karena berhasil segudang penghargaan selama memimpin Jawa Timur selama dua periode.

"Ternyata Pakde Karwo memiliki segudang perhargaan selama 2 periode memimpin jawa timur.. jawa timur bangga dipimpin sosok gubernur yang rendah hati dan memikirkan rakyatnya. #Terimakasihpakdekarwo".

More Akun @ikajulaiha_2h2 mencuit 'pengalamannya 10 tahun memimpin jatim dirasa sangat layak dan pantas untuk mendampingi Jokowidodo di pilpres mendatang #JokowiKarwo

Sementara itu, Mochtar W Oetomo Pengamat politik asal Universitas Trunojoyo Madura mengaku cukup surprise ketika mengetahui masyarakat di dunia maya memproklamirkan tagar #JokowiKarwo. Munculnya viral soal #JokowiKarwo ini relatif menarik dan memberi penyegaraan di tengah hingar bingar isu pilpres yang sejauh ini berputar-putar tanpa kejelasan terutama pada sosok cawapresnya. Baik itu di kubu Prabowo maupun di kubu Joko Widodo.

"Dengan munculnya pakde karwo ini menambah wacana publiuk serta bisa dijadikan pertimbangan bagi Jokowi dan partai pengusungnya yang sampai saat ini belum ada kejelasan," kata Mochtar.

Direktur Surabaya Survey Center (SSC) ini memprediksi, viral JokowiKarwo itu muncul secara spontan dari masyarakat Jawa Timur. Karena bisa dimaklumi memang prestasi pakde karwo 10 tahun ini mampu meningkatan ekonomi rakyat kecil, mampu menjaga kondusivitas di jatim dan sebagainya.

"Wajar bila publik jatim dan masyarakat Indonesia secara luas menganggap pakde karwo ini sangat disayangkan kalau pensiun begitu saja," tandasnya.

Masyarakat mungkin sedang berharap bila sosok pejabat seperti Pakde Karwo tetap aktif dalam pembangunan bangsa ini, bila perlu menjadi kandidat di Pilpres 2019. Entah jadi Capres ataupun Cawapres.

"Viral semancam ini, tentu akan mempengaruhi diskusi penentuan cawapres Jokowi di elit nasional yang saat ini sedang merindukan figure alternatif tapi yang berpengalaman," cetusnya.

Layakkah Pakde Karwo jadi Cawapres Jokowi? Mochtar menilai, dari sisi kapasitas integraitas dan kinerja menurut jauh lebih dari kata layak. Apalagi sekarang ini juga menjadi ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia.

"Pastinya sangat layak (Pakde Cawapres Jokowi), kalau elektabilitas dan popularitas itu soal lain, karena selama ini pakde belum pernah kampanye berkaitan pilpres," pungkasnya. (mdr/rev)

Rabu, 14 November 2018 00:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SUASANA khusuk menyelimuti Jumat malam 9 November 2018 di lorong-lorong kampung, di ruas-ruas musholla, di beranda-beranda langgar, di ruang-ruang masjid, surau ataupun gardu desa. Rakyat membaca doa dengan selingan renungan tent...
Minggu, 18 November 2018 03:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wayad’u al-insaanu bialsysyarri du’aa-ahu bialkhayri wakaana al-insaanu ‘ajuulaan (11).Ayat studi ini mengingatkan, betapa watak dasar manusia itu tak sabaran, maunya segera terwujud ap...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 06 November 2018 22:28 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dua tahun terakhir Kabupaten Madiun mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama anugerah wisata buatan terbaik provinsi diraih Taman Wisata Madiun Umbul Square tahun 2017, menyusul kemudian ...