Pj Bupati Fattah Jasin Saksikan Pertunjukan Seni dan Budaya Pamekasan di TMII

Pj Bupati Fattah Jasin Saksikan Pertunjukan Seni dan Budaya Pamekasan di TMII Pj Bupati Pamekasan Fattah Jasin saat foto bersama tim kesenian. Serta tampilan menawan peragaan Batik Tulis asal Pamekasan.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Tim kesenian dan promosi potensi unggulan Kabupaten Pamekasan tampil mengesankan dalam pagelaran Anugerah Duta Seni Budaya di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (29/7).

Pagelaran yang merupakan agenda rutin setiap tahun tersebut kali ini menyajikan tema "Merajut Keragaman Budaya di Bumi Pamelingan Menuju Kemilau Madura". Tim dari Pamekasan tampil memperkenalkan dan mempromosikan seni budaya daerah, pariwisata dan potensi unggulan Kabupaten Pamekasan.

"Kita membawa tim untuk menyajikan potensi-potensi seni budaya, juga konten ekonomi kreatif potensi unggulan Pamekasan, misalnya batik dan makanan tradisional. Untuk penyajiannya yang diangkat seni pertunjukan rakyat tentang nilai sejarah, batik dan tari-tari tradisional," papar Kadisparbud Pamekasan Achmad Syaifuddin.

Sedangkan Pj yang hadir secara langsung menyampaikan rasa syukur karena setiap tahun Kabupaten Pamekasan mendapatkan kesempatan mengenalkan seni dan budayanya di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Sebagai salah satu daerah di Madura yang cukup dinamis dan kaya dengan keberagaman seni dan budaya diharapkan menjadi sentra wisata rakyat yang nantinya bisa menjadi bidikan wisatawan domestik maupun mancanegara," jelasnya.

Ia juga menambahkan, misi kebudayaan ini tidak hanya menjadi media tontonan semata.

"Dengan adanya pagelaran ini paling penting bisa membangun komunikasi dengan para tokoh nasional juga tokoh-tokoh madura yang berada di jakarta khususnya yang mempunyai perhatian terhadap kemajuan kabupaten yang berjuluk gerbang salam," tutur Pj Bupati tersebut.

Fattah Jasin juga berjanji akan terus merawat dan mengembangkan kekayaan seni budaya sebagai salah satu potensi unggulan untuk mewujudkan Pamekasan yang mandiri sejahtera, berdaya dan berbudaya.

Dalam pagelaran tersebut duta seni Kabupaten Pamekasan menampilkan musik daul, tari dan lagu-lagu daerah, seni pencak silat. Serta yang mendapatkan aplaus dari para pengunjung adalah tampilan mewah nan menawan seni batik tulis asal Pamekasan yang diperagakan para model-model cantik dari Pulau Garam Madura. (err/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO