Jumat, 19 April 2019 16:28

Lepas CJH Muslimat NU, Khofifah Ingin Kediri Miliki Embarkasi Sendiri

Minggu, 22 Juli 2018 21:32 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Lepas CJH Muslimat NU, Khofifah Ingin Kediri Miliki Embarkasi Sendiri
Khofifah Indar Parawansa saat memotong tumpeng dan diberikan kepada Bupati Kediri Haryanti Sutrisno di kantor Muslimat NU Kabupaten Kediri. Foto: ARIF K/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Calon Gubernur Jawa Timur Terpilih Khofifah Indar Parawansa berharap, ke depan para calon jamaah haji (CJH) asal Kediri dan sekitarnya bisa berangkat dari Embarkasi Kediri, bukan lagi jauh-jauh ke Surabaya.

Pernyataan itu disampaikan Khofifah saat menghadiri pelepasan CJH Muslimat NU Kabupaten Kediri dan juga tasayakuran terpilihnya Khofifah dan Emil sebagai Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur periode 2018-2023. 

“Harapan kami dengan nantinya ada bandara, calon jamaah haji dari eks karesiden kediri, tidak perlu jauh-jauh ke Surabaya. Cukup lewat embarkasi kediri langsung ke mekkah,” ujarnya, Minggu (22/7).

Dengan adanya Embarkasi Kediri, nantinya juga akan mengurangi traffic kepadatan di bandara Juanda maupun lalu lintas yang menuju ke sana. 

“Dengan runway 3.000 meter sudah dipastikan pesawat jenis air bus bisa masuk dan pemberangkatan haji dan umrah bisa lewat Kediri,” ujarnya.

Proyek bandara yang merupakan 100 persen murni dikerjakan pihak swasta ini, lanjut Khofifah, tidak ada salahnya juga saat groun breaking membangun Asrama Haji sekalian. 

“Saat ground breaking Maret 2019 mendatang, tidak ada salahnya juga dilakukan pembangunan untuk asrama haji,” ujarnya.

Meski bandara murni 100 persen dikerjakan oleh pihak investor lokal, pihak kementerian agama juga harus memikirkan pembangunan asrama haji. 

“Untuk pembangunan asrama bisa dilakukan oleh Kementerian agama,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Kofifah juga memastikan akan menyiapkan program pendidikan gratis dan berkualitas bagi siswa dan siswi kurang mampu. 

“Untuk jenjang SD dan SMP tetap dikelola kota dan kabupaten. Sementara SMA/SMK yang dikelola provinsi sedang kita siapkan pendidikan Titas (pendidikan gratis dan berkualitas). Saat ini Tim sedang melakukan kajian untuk itu,” ujarnya.

Untuk diketahui, selain melepas calon jamaah haji, Khofifah juga melakukan tasyakuran atas kemenangan dalam pilihan gubernur Jawa Timur 2018. Hadir dalam kegiatan ini, ketua tim pemenangam Khofifah -Emil Kediri Subiyanto yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Timur serta Bupati Kediri Haryanti Sutrisno.

Sementara itu, jumlah calon jamaah haji Kabupaten Kediri tahun ini sebanyak 1.262 orang. Mereka akan diberangkatkan dari Kantor Pemkab Kediri para tanggal 4 Agustus mendatang pukul 07.00 WIB. (rif/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...