Rabu, 21 Agustus 2019 04:26

Lepas CJH Muslimat NU, Khofifah Ingin Kediri Miliki Embarkasi Sendiri

Minggu, 22 Juli 2018 21:32 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Lepas CJH Muslimat NU, Khofifah Ingin Kediri Miliki Embarkasi Sendiri
Khofifah Indar Parawansa saat memotong tumpeng dan diberikan kepada Bupati Kediri Haryanti Sutrisno di kantor Muslimat NU Kabupaten Kediri. Foto: ARIF K/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Calon Gubernur Jawa Timur Terpilih Khofifah Indar Parawansa berharap, ke depan para calon jamaah haji (CJH) asal Kediri dan sekitarnya bisa berangkat dari Embarkasi Kediri, bukan lagi jauh-jauh ke Surabaya.

Pernyataan itu disampaikan Khofifah saat menghadiri pelepasan CJH Muslimat NU Kabupaten Kediri dan juga tasayakuran terpilihnya Khofifah dan Emil sebagai Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur periode 2018-2023. 

“Harapan kami dengan nantinya ada bandara, calon jamaah haji dari eks karesiden kediri, tidak perlu jauh-jauh ke Surabaya. Cukup lewat embarkasi kediri langsung ke mekkah,” ujarnya, Minggu (22/7).

Dengan adanya Embarkasi Kediri, nantinya juga akan mengurangi traffic kepadatan di bandara Juanda maupun lalu lintas yang menuju ke sana. 

“Dengan runway 3.000 meter sudah dipastikan pesawat jenis air bus bisa masuk dan pemberangkatan haji dan umrah bisa lewat Kediri,” ujarnya.

Proyek bandara yang merupakan 100 persen murni dikerjakan pihak swasta ini, lanjut Khofifah, tidak ada salahnya juga saat groun breaking membangun Asrama Haji sekalian. 

“Saat ground breaking Maret 2019 mendatang, tidak ada salahnya juga dilakukan pembangunan untuk asrama haji,” ujarnya.

Meski bandara murni 100 persen dikerjakan oleh pihak investor lokal, pihak kementerian agama juga harus memikirkan pembangunan asrama haji. 

“Untuk pembangunan asrama bisa dilakukan oleh Kementerian agama,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Kofifah juga memastikan akan menyiapkan program pendidikan gratis dan berkualitas bagi siswa dan siswi kurang mampu. 

“Untuk jenjang SD dan SMP tetap dikelola kota dan kabupaten. Sementara SMA/SMK yang dikelola provinsi sedang kita siapkan pendidikan Titas (pendidikan gratis dan berkualitas). Saat ini Tim sedang melakukan kajian untuk itu,” ujarnya.

Untuk diketahui, selain melepas calon jamaah haji, Khofifah juga melakukan tasyakuran atas kemenangan dalam pilihan gubernur Jawa Timur 2018. Hadir dalam kegiatan ini, ketua tim pemenangam Khofifah -Emil Kediri Subiyanto yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Timur serta Bupati Kediri Haryanti Sutrisno.

Sementara itu, jumlah calon jamaah haji Kabupaten Kediri tahun ini sebanyak 1.262 orang. Mereka akan diberangkatkan dari Kantor Pemkab Kediri para tanggal 4 Agustus mendatang pukul 07.00 WIB. (rif/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...