​DPRD Berharap Ada Zohri-Zohri Baru dari Jawa Timur

​DPRD Berharap Ada Zohri-Zohri Baru dari Jawa Timur Moch Eksan, Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur. Foto: DIDI R/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prestasi fenomenal Lalu Muhammad Zohri yang berhasil menyabet medali emas 100 meter kejuaraan atletik junior di Finlandia sampai hari ini masih menjadi buah bibir. Mulai rakyat biasa hingga Presiden Joko Widodo perhatiannya tertuju pada Zohri. 

Tak heran, pasalnya pelari asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu berhasil menyingkirkan pelari-pelari asal negara adidaya, Amerika Serikat yang harus puas meraih medali perak dan perunggu.

Sontak prestasi peraih berusia 18 tahun itu melambungkan nama Indonesia di dunia internasional, terutama pada cabang atletik. Apalagi cabang lari 100 meter pria adalah nomor paling bergengsi dalam cabang olahraga (cabor) atletik. Provinsi NTB pun ikut harum karena torehan prestasi Zohri.

Mochamad Eksan, anggota DPRD Jatim ikut angkat bicara terkait prestasi Zohri di kejuaraan atletik dunia. Eksan berharap ada Zohri-Zohri lain yang lahir dari Provinsi Jawa Timur. Anggota Komisi E DPRD Jatim ini mengaku iri dengan NTB yang memiliki atlet sehebat Zohri. Menurutnya Jatim harus mulai mempersiapkan atlet-atlet muda yang berpotensi agar bisa meraih prestasi dunia.

"Saya berharap ada Zohri-Zohri baru yang lahir dari Jawa Timur," tutur Eksan, Jumat (20/7).

Anggota Fraksi NasDem-Hanura Ini yakin Jawa Timur sebagai provinsi besar bisa menciptakan atlet kelas dunia seperti Zohri. Bahkan tak hanya cabor atletik, dirinya yakin Jatim bisa menciptakan atlet hebat di cabor lain. Tinggal bagaimana komitmen dari pemerintah provinsi untuk memajukan dunia olahraga.

Eksan menilai dari segi fasilitas Jawa Timur lebih dari cukup. Provinsi paling timur di Pulau Jawa ini memiliki stadion dan venue olahraga kelas nasional hingga internasional. Bahkan Jawa Timur punya SMA Olahraga atau SMANOR yang siswanya 100 persen atlet potensial.

"Kalau dibanding NTB, Jatim menang segala-galanya. Dari fasilitas sampai potensi atlet. APBD Jatim juga besar. Saya kira tinggal membangkitkan motivasi dan stimulus pada atlet muda asal Jatim," papar Eksan.

Wakil Ketua DPW Partai NasDem Jatim ini menambahkan, pemprov perlu memberi stimulus bagi atlet asal Jawa Timur agar mereka total berprestasi di bidang olahraga. Contohnya dengan memberikan beasiswa pendidikan dan jaminan hari tua seperti formasi sebagai aparatur sipil nasional (ASN) di lingkungan Pemprov Jatim. Dengan begitu, para atlet bisa fokus berlatih dan bertanding karena kalau mereka pensiun sudah ada pekerjaan yang jelas. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO