​Kenangan Sahabat Akrab Presiden, Binky Irawan Guyon Minta Proyek, Gus Dur Marah

​Kenangan Sahabat Akrab Presiden, Binky Irawan Guyon Minta Proyek, Gus Dur Marah KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). foto: santrigusdur.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Binky Irawan, Pemuka Konghucu mengaku banyak sekali kenangan bersama Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (). Maklum, Bingky Irawan dikenal luas sebagai teman akrab Gus Dur. Sejak jadi Ketua Umum PBNU hingga terpilih sebagai presiden RI ke-4, Binky selalu menemani . Sampai ada yang mengatakan di mana ada Gus Dur, di situ pasti ada Binky Irawan.

“Saya nangis kalau ingat ,” kata Binky Irawan kepada bangsaonline.com usai rekaman acara Indonesia Merayakan Perbedaan (IMP) program BBSTV di Trawas, Mojokerto.

Binky Irawan yang kini pakai kursi roda mengungkapkan bahwa adalah presiden paling bersih dan tidak bisa diajak nepotism. Ia membuktikan sendiri saat menggoda minta proyek. ”Saya menggoda Gus Dur dengan minta proyek. Saya bilang, Mas mbok saya dikasih proyek,” kata Bingky Irawan yang memanggil dengan panggilan Mas.

Bagaimana respon ? Binky malah didamprat. “Wes mambu lemah kok sik macem-macem,” kata Binky Irawan menirukan jawaban . Artinya, sudah tua dan mau mati kok macam-macam minta proyek segala.

memang dikenal sebagai presiden RI terbersih. Bahkan ketika usai membentuk kabinet, Presiden langsung wanti-wanti kepada para menteri dan stafnya. “Kalau ada kiai atau siapa saja minta proyek mengatasnamakan saya, jangan dikasih,” kata .

Menurut Binky, justru berkomitmen mendahulukan kesejahteraan bangsanya. “Saat itu bilang, nanti kalau bangsaku sudah sejahtera, kita bersama-sama cari uang. Saat itu langsung salaman (jabat tangan) sebagai tanda komitmen bersama,” ungkap Bingky Irawan.

Karena itu Binky yang lahir sebagai etnis Tionghoa merasa sedih melihat konglomerat etnis Tionghoa memperkaya diri dengan cara-cara yang tidak sehat. Tapi, malah minta Bingky diam saja. Alasannya, jika bertindak pun para konglomerat itu tak bakal menggubris karena Bingky Irawan bukan etnis Tionghoa kaya. (MMA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO