​Tuban Raih Penghargaan Bidang Produksi Jagung Tingkat Nasional

​Tuban Raih Penghargaan Bidang Produksi Jagung Tingkat Nasional Wabup saat menerima penghargaan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berhasil meraih penghargaan peningkatan produksi jagung tertinggi tingkat Nasional.

Penghargaan ini diberikan oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Dr. Ir Sumarjo Gatot Irianto kepada Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein pada acara Evaluasi Luas Tambah Tanam (LTT) Padi, Jagung, Kedelai Provinsi Jawa Timur, dan Persiapan Penyusunan angka ramalan (Aram) I tahun 2018 di Hotel Aria Gajayana Malang, Kamis (12/7/18).

Penghargaan yang baru pertama kali diberikan oleh Kementan ini adalah Apresiasi yang didasarkan pada evaluasi Upaya Khusus (Upsus) peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai yang signifikan selama 2016-2017. 

Wakil Bupati Tuban mengungkapkan, peningkatan produksi jagung di Tuban tak lepas dari upaya intensifikasi pertanian. Ia mengungkapkan keberhasilan pembangunan di sektor pertanian berkat program peningkatan infrastruktur dan penyediaan sarana dan prasarana pertanian. Di antaranya meliputi pembangunan dan perbaikan jaringan irigasi pertanian, peluasan jaringan irigasi tersier dan kwarter melalui pengadaan Pompanisasi dan pipanisasi.

Noor Nahar optimis produksi jagung yang tinggi dapat menumbuhkan potensi investasi. "Antara lain untuk usaha penangkaran atau embenihan jagung, industri tepung jagung, industri makanan ringan berbahan dasar jagung, industri pakan ternak dan limbah hasil panen jagung," jelas Wabup

Atas hal tersebut, Noor Nahar mengapresiasi kepada Disperta Tuban dan masyarakat, khususnya kepada petani. "Sebagai pelaku utama pembangunan pertanian yang atas kerja kerasnya, produksi jagung masih dapat terus meningkat dan bahkan menjadi tertinggi tingkat nasional," pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban Murtadji menjelaskan, meningkatnya produksi jagung tidak terlepas dari keberhasilan pelaksanaan program peningkatan LTT di Kabupaten Tuban pada tahun 2017. 

Secara nasional dari target LTT untuk produksi Jagung di Tuban seluas 97.067 hektare dapat terealisasi 119.118 hektare atau sekitar 122.7 persen dengan produksi mencapai 606.163 ton dan produktivitas sebesar 5.4 ton per Ha.

"Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, Kabupaten Tuban berhasil menjadi yang tertinggi di Jatim di mana Jatim merupakan tertinggi tingkat nasional dalam peningkatan produksi jagungnya," beber Murtadji. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO